MUNA

Dermaga Fery Raha-Pure Diresmikan Hari Ini

KOLAKAPOS, Raha–Menelan anggaran APBN 2017 sebesar kurang lebih Rp 76 miliar, akhirmya dermaga pelabuhan penyebrangan kapal fery rute Raha-Pure di desa Lagasa kecamatan Duruka kabupaten Muna diresmikan hari ini.

Kepala Dinas Perhubungan Muna, Laode Nifaki Toe mengungkapkan, peresmian seremonial dijadwalkan Sabtu siang (26/10) dan akan dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi.

Katanya, pacsa diresmikan secara otomatis fery KM Mujair yang saat ini tengah beroperasi di Dermaga Pelabuhan Nusantara Raha langsung beralih ke dermaga baru di desa Lagasa. “Kita berharap dengan diresmikannya pelabuhan ini perputaran ekonomi masyarakat sekitar pelabuhan ini meningkat. Begitu juga dengan PAD kita Insya allah akan meningkat,” katanya pada awak media saat dijumpai di pelabuhan baru desa Lagasa, Jumat (25/10).

Ia juga mengatakan, seluruh fasilitas yang ada didalam kawasan pelabuhan baru tersebut diantaranya kantin, parkiran, ruang tunggu hingga gedung Mushola akan dikelola oleh Pemda Muna. Bahkan kabar gembiranya kata dia, dipelabuhan baru tersebut akan bertambah satu kapal fery yang kapasitas muatannya lebih besar dibanding fery KM Mujair. “Selama inikan kapal fery yang melayani rute Raha – Pure ini kecil, hanya mampu mengangkut delapan unit mobil dan puluhan motor, sementara tingkat konsumen kita yang menyeberang Raha – Pure sangat padat. Nah, Insya allah kita akan mendapat bantuan kapal fery yang lebih besar untuk melayani penyeberangan Raha – Pure,” ucapnya.

Senada, Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Muna, Waode Sitti Hartati Sukarsi mengungkapkan, peresmian dermaga pelabuhan baru di desa Lagasa akan diresmikan oleh Bupati Muna LM Rusman Emba bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dan disaksikan pejabat dari Dinas Perhubungan provinsi Sultra. ”
Tokoh masyarakat Muna sekaligus anggota DPR RI, Ridwan Bae juga akan hadir pada peresmian pelabuhan besok (hari ini,red),” pungkasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top