BERITA UTAMA

Ditjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi : Doakan Rusman Lanjut Pimpin Muna

KOLAKAPOS, Raha–Direktur Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) Budi Setiyadi mendoakan Bupati Muna LM Rusman Emba agar terus melanjutkan memimpin kabupaten Muna hingga lima tahun kedepan. Pasalnya, anak buah Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi ini menilai Rusman merupakan sosok pemimpin yang mempunyai dedikasih serta tulus membangun Muna. “Saya lihat pak Bupati (LM Rusman Emba)  sangat semangat sekali untuk memperbaiki semua yang ada disini (Kabupaten Muna). Mudah-mudahan semangat bapak nantinya akan memberikan warna terhadap perbaikan ekosistem, perbaikan pelayaran penyebrangan dari Muna hingga ke Sulawesi dan sebaliknya. Mudah-Mudahan saya (Budi Setiyadi) berdoa pak Bupati (LM Rusman Emba)  lanjut terus memimpin daerah ini. Nanti saya datang masih ketemu bapak. Pak Rusman,” ucapnya dihadapan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae pejabat Forkompimda Muna, GM Perum Damri Kendari Sudiro dan ratusan masyarakat saat meresmikan dermaga pelabuhan fery di desa Lagasa kecamatan Duruka akhir pekan lalu.

Pada kesempatan itu pula, kata Budi Setiyadi, pihaknya sekaligus meresmikan empat proyek pelabuhan penyebrangan di Sulawesi Tenggara yang  sumber anggarannya dibiayai oleh DIPA APBN Kemenhub RI. Pelabuhan tersebut adalah pelabuhan penyeberangan Raha dan Pure di Muna, Pelabuhan Tanjung Pising, Sikeli dan Bombana. “Perlu kami informasikan, 2019 ini ada beberapa pelabuhan penyebrangan yang kami bangun disini (Sulawesi Tenggara) yakni pelabuhan Raha anggaran sekitar Rp70 miliar, kemudian pelabuhan Pure sebesar Rp72 miliar, pelabuhan penyebrangan Bombana sekitar Rp70miliar dan pelabuban Tanjung Pising sebesar Rp80miliar,” ungkapnya.

Menurutnya,  seluruh pelabuhan yang dibangun tersebut diberikan ke Pemerintah Daerah setempat untuk dikelolah dengan tujuan dapat meningkatkan PAD serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. “Saya berharap terminal ini dipelihara baik oleh pak Bupati. Kalau pak Bupati minta di siapkan kapal, permintaan siap, kami siapkan kapalnya,” katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, pelabuhan baru tersebut merupakan akses  roda ekonomi masyarakat Muna yang bermukim di bagian Muna Timur. “Ada lima kecamatan di wilayah Muna Timur, selama ini memang kita terkendala transportasi sehingga banyak hasil-hasil pertanian dan perikanan mereka di bawah ke Kandari dan ke Buton. Sehingga dengan adanya pelabuhan fery ini, menambah semangat masyarakat untuk mendistribusikan hasil pertanian dan laut mereka ke Muna,” ucapnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top