BERITA UTAMA

HMPS Bahasa Indonesia USN Kolaka,  Gelar Gebyar Bahasa 

KOLAKAPOS, Kolaka–Memperingati bulan bahasa dirangkaikan dengan momentum hari sumpah pemuda, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa Indonesia Universitas Sembilan belas November (USN) Kolaka menggelar Gebyar Bahasa dengan menampilkan pentas seni bagi para mahasiswa dan dosen. Kegiatan yang bertemakan “Bahasa, sastra, dan budaya sebagai identitas bangsa dalam menghadapi revolusi industri 4.0” dipusatkan dipelataran halaman FKIP USN Kolaka diikuti puluhan peserta baik dari mahasiswa maupun dosen, Kamis (31/10).

 

Ketua jurusan bahasa Indonesia Agus Nasir mengatakan, kegiatan pentas seni yang dilaksanakan oleh HMPS program studi bahasa Indonesia dalam menyambut bulan bahasa yang disebut Gebyar bahasa 2019.

 

“Jadi kegiatan Gebyar Bahasa ini merupakan kegiatan yang pertama kita laksanakan dikampus USN Kolaka dan mudah-mudahan ini tongkat pertama dan tahun berikutnya tetap selalu akan kita selenggarakan. Tahun ini Gebyar Bahasa satu nanti tahun depan Gebyar Bahasa dua, dan seterusnya karena kita suda menjadikan agenda tahunan,” ungkapnya saat ditemui media ini.

 

Menurut Plt ketua Prodi bahasa Indonesia ini, HMPS hanya memelopori kegiatan ini sehingga bisa terlaksana, akan tetapi ini merupakan tanggung jawab kita sebagai masyarakat Indonesia karena bahasa Indonesia adalah milik kita semua. Karena melalui kegiatan ini akan membangkitkan gelora dan semangat bahwa bahasa Indonesia adalah milik kita bersama sehingga kita berinisiatif melaksanakan kegiatan ini.

 

“Tujuan utamanya untuk membangkitkan kesadaran kembali bahwa bahasa Indonesia ini, merupakan salah satu alat perjuangan dalam merebut kemerdekaan. Jadi kalau dulu para pemuda kita melihat banyak sisi ternyata salah satu penyebabnya kita masih berkelompok-kelompok. Seperti misalnya juga dewan pers, perskan merupakan alat perjuangan juga, namun pada saat itu masih menggunakan bahasa Belanda dan Jepang, nah untuk mengikat semangat kebersamaan  mereka itu maka mereka berjuang supaya pers menggunakan bahasa Indonesia, karena mengingat dengan menggunakan bahasa Indonesia ini semangat perjuangan akan terus ada dan akan mempersatukan diseluruh pelosok nusantara,” ucapnya.

 

Nah lanjut Nasir, jika dihubungkan dengan kondisi sekarang semangat yang sudah tergerus, nasionalisme yang kurang, kebersamaan yang sudah melaui memudar kita ingin membangkitkan kembali melalui semangat sumpah pemuda dan bulan bakti bahasa kita wujudkan hari ini melalui kegiatan pentas seni ini. Apalagi bahasa menjadikan alat untuk memperkuat kebersamaan.

 

“Kedepan bahasa menjadikan alat untuk memperkuat kebersamaan, membangkitkan kembali semangat yang dulu berkobar. Bahkan dengan bahasa kita memperjuangkan kehidupan yang lebih baik, itu harapan kita,” katanya.

 

Saat ini, pemuda kita banyak yang bermasalah karena menggunakan bahasa tidak sesuai dengan tempatnya. Sehingga kita berharap dengan bahasa akan memperkuat ideologi Pancasila kita, sehingga kita tidak mudah terpropokasi dan terpecah belah, juga terpengaruh dengan paham radikalisme.

 

“Kita melakukan kegiatan ini semata-mata untuk membangkitkan persatuan dan kesatuan kita, sehingga tidak ada hadiah yang kita siapkan, tapi yang kita harapkan melalui kegitan ini akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan kita sehingga kedepannya kita terus bersatu. Dan harapan kita kedepannya kegiatan ini akan semakin besar dan persiapan akan semakin baik lagi,” harapnya.

 

Untuk diketahui dalam kegiatan pentas seni para peserta menampilkan Tetarikal, musical, parade puisi, tari, dan vokal grup. (K9/c/hen).

 

Foto : HMPS Bahasa Indonesia USN Kolaka saat menggelar kegiatan Gebyar Bahasa tahun 2019 (Ist).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top