BERITA UTAMA

Jajaran TNI-Polri Jamin Keamanan  HPS di Sultra

Gubernur PimpinRapat Pemantapan Kesiapan HPS

KOLAKAPOS, Kendari–Jajaran TNI dan Kepolisian Provinsi Sulawesi Tenggara memberi jaminan bagi terselenggaranya pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang puncak pembukaannya akan dihadirI Presiden Joko Widodo di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan pada 2 November 2019.

Pernyataan itu disampaikan Kapolda Sultra Brigjen Polisi Merdisyam dan Komandan Korem 143/Haluoleo Kolonel Inf Yustinus Nono Yuliono, saat menghadiri rapat pemantapan kesiapan HPS yang dipimpin Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wagub Sultra Lukman Abunawas, Ketua Tim Penggerak PKK Sultra Ny Agista Ariani Ali Mazi, Plt Sekda LM Mustari bersama para pejabat Forkopimda Sultra, seluruh bupati dan wali kota dan unsur dari Kementerian Pertanian pusat.

Menurut Kapolda, kesiapan pengamanan para tamu baik peserta HPS dari seluruh provinsi di tanah air termasuk para tamu diplomat dari beberapa negara sahabat menjamin keamanan menjelang hingga usainya HPS tersebut.

“Yang pasti bahwa hingga saat ini persiapan pengamanan baik lokasi puncak kegiatan HPS di Desa Pundambi Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan dan kegiatan pameran dan berbagai demo dan lomba dipusatkan di Kota Kendari kita jamin aman,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Danrem 143 Haluoleo yang juga selaku Komandan Satgas Pengamanan pada HPS ke-39 mengatakan TNI dan Polri sudah menyiapkan personil pengaman sebanyak 1.658 orang mulai dari puncak pembukaan hingga penutupan HPS.

Ia mengatakan, karena kegiatan HPS kali ini dipusatkan pada tiga wilayah kabupaten kota yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe, sehingga penyebaran aparat untuk mengamankan jalur yang dilalu para peserta dan tamu HPS sudah dalam keadaan aman.
Gubernur Sultra Ali Mazi mengungkapkan, bahwa meskipun hingga saat ini belum ada kepastian Presiden RI Jokowi akan hadir pada puncak pembukaan HPS tersebut, namun persiapan dari seluruh kegiatan hingga keamanan sudah siap

HPS ke-39 kali dengan tema yakni tema internasional “Our actions are our future.Healthy diets for a Zero Hunger world” sedangkan tema nasional “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” berlangsung mulai 2-5 November 2019, oleh masyarakat Kota Kendari dan Sultra pada umumnya menyambut gembira dengan antusias telah memasang spanduk dan umbul-umbul dengan ucapan selamat datang para tamu di bumi Anoa Kota Kendari.

Keterangan dari pihak panitia HPS mencatat, dari lebih 10 item kegiatan terkait HPS, ada tiga kegiatan seperti pembukaan, gelar inovasi teknologi dan dan panen kakao di pusatkan di Desa Puudambu kecamatan Angata kabupaten Konawe selatan, kegiatan demo dan peninjauan tanaman sagu di Kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe. Sedangkan kegiatan seminar, tur diplomat, pameran/demo masak, lomba, dan pagelaran seni budaya dipusatkan di Eks MTQ Kota Kendari. (p/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top