BERITA UTAMA

Gandeng Kadin, Diskop dan UKM Kolaka Bakal Bentuk Meambo Mart 

Dinas Koperasi dan UKM saat menggelar sosialisasi Revitalisasi Pasar pengingkatan peluang dan pasar melalui pola kemitraan yang diikuti oleh para pelaku usaha se-kabupaten Kolaka.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Guna meningkatkan hasil dan penjualan  produk ditengah masyarakat, Dinas koperasi dan UKM Kolaka berencana membuat suatu wadah yang diberi nama Meambo Mart dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Hal ini disampaikan Kadis Koperasi dan UKM I Nyoman Swastika saat menggelar Sosialisasi Revitalisasi Pasar pengingkatan peluang dan pasar melalui pola kemitraan, Senin (4/11). Kegiatan yang digelar diaula rapat SMS Berjaya kantor bupati Kolaka dibuka oleh Asisten II Setda Kolaka Mustajab dan dihadiri pimpinan bank Sultra Kolaka Hasmirat, ketua Kadin Sultra La Mandi, ketua Kadin Kolaka Gunsar, dan ketua PKL Kolaka Ali Nur, serta para pengurus koperasi dan pelaku UKM se-kabupaten Kolaka.

 

Kadis Koperasi dan UKM Kolaka Inyoman Swastika mengatakan, saat ini jumlah koperasi dikabupaten Kolaka cukup banyak dengan total 473 Kopersai dan 4000 UKM yang ada, akan tetapi koperasi yang kita harapkan selama ini sebagai tolak ukur perekonomian rakyat seperti cita-cita bung Hatta belum bisa kita wujudkan.

 

“Saya sudah melakukan identifikasi selama tiga bulan ini dan berkeliling diseluruh wilayah kabupaten Kolaka justru yang berkembang peningkatan ada di UKM kita karena banyak inovasi yang ada di UKM, akan tetapi yang menjadi masalah bagaimana peningkatan pangsa pasar dan peluang pasarnya oleh karena itu sepertinya pemerintah harus turun tangan dalam rangka membantu para UKM dan koperasi bagaimana ikut menyukseskan dan membuka peluang pasar serta pangsa pasar yang telah dilakukan oleh para pelaku ekonomi kita,” ungkapnya dihadapan peserta sosialisasi.

 

Apalagi kata Nyoman Swastika, kita ketahui bahwa visi kedua Pemda Kolaka yaitu meningkatkan perekonomian kerakyatan berbicara masalah itu tentu didalamnya ada kopersai dan UKM oleh karena itu, saya selaku Kadis mencoba mengkomunikaskan dengan ketua Kadin Sultra agar bagaimana kita tingkatkan kualitas produk yang ada dikabupaten Kolaka ini, dan beliau merespon dan kita akan dengarkan pemaparannya apa yang  akan kita lakukan kedepan sehingga, produk yang ada dikabupaten Kolaka ini dapat dipasarkan dan dapat dikenal oleh konsumen kita.

 

“Karena tanpa bapak angkat atau pola kemitraan yang kita lakukan maka akan sulit berkembang apalagi kepercayaan masyarakat kepada koperasi sudah jauh menurun. Oleh karena itu saya berharap kepada para pengurus koperasian mari citra itu kita perbaiki kembali dengan menumbuhkembangkan usaha produktif yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Begitupun dengan para pelaku UKM untuk selalu berinovasi sehingga produk yang kita hasilkan memenuhi standar konsumen sehingga pemasarannyapun bisa secara nasional,” pintanya.

 

Sehingga kata Nyoman pihaknya, berencana membuat suatu wadah yang akan ditempatkan disetiap kecamatan.

 

“Kita akan membuat tempat usaha yang diberi nama Meambo mart dan kita akan bekerjasama dengan Kadin Sultra dan Kolaka agar peluang pasar dapat berkembang dengan baik. Dan rencananya setiap kecamatan satu prodak unggulan yang dimiliki, akan dikembangkan dalam Meambo mart,” akunya.

 

Sementara itu, asisten II Setda Kolaka Mustajab mengapresiasi terobosan yang akan dilakukan oleh Kadis Koperasi dan UKM, sehingga kedepannya peningkatan ekonomi masyarakat akan semakin berkembang.

 

“Allhamdulilah Kadis koprasi suda mempunyai konsep dengan koperasi Meambo yang akan di dirikan disetiap kecamatan yang ada diwilayah kabupaten Kolaka, seperti inilah yang kami inginkan selaku pemerintah, dan saran kami yang pertama sehatkan dulu kita punya koperasi, robah menset cara berpikir kita yang namanya koprasi satu badan usaha yang di kelola oleh anggotanya dan memperhatikan kesejatraan angotanya. Hilangkan menset berpikir kita kalau meminjam uang nda usah di kembakikan karna uang pemerintahji menset seperti ini yang harus kita hilangkan jika tidak maka kita tidak akan maju,” ucapnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top