BERITA UTAMA

Rancangan Tatib DPRD Kolaka Mulai Dikaji

Tim Tatib yang membahas rancangan Tatib DPRD Kolaka.

KOLAKAPOS, Kolaka–Rancangan Tata Tertib atau aturan yang menjadi acuan sebagai anggota DPRD Kabupaten Kolaka periode 2019-2024 mulai dibahas dan dikaji oleh Tim Tatib DPRD Kolaka. Tim Tatib yang diketuai oleh dr. Hakim Nurmampa tersebut rencananya akan melakukan pembahasan diinternal timnya dalam dua hari ini.

“Dalam satu dua hari ini mudah mudahan sudah finish, tapi normatifnya kita diberi waktu hingga 15 hari,” ujar dr. Hakim Nurmampa, ketua Tim Tatib DPRD Kolaka kepada Kolaka Pos usai scorsing rapat pembahasan tatib tersebut di kantor DPRD Kolaka.

Lanjut legislator PAN itu, jika sudah rampung timnya akan mengajukan ke Pimpinan sementara DPRD Kolaka untuk kemudian di konsultasikan. “Kalau sudah rampung nanti kita sampaikan ke pimpinan kemudian di konsultasikan dulu ke biro hukum Propinsi Sulawesi Tenggara, baru kita paripurnakan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, hasil kajian dari timnya bisa saja berubah dari hasil konsultasi dan paripurna di DPRD Kolaka. “Bukan hal mutlak, nanti masih dikonsultasikan dan diparipurnakan lagi sebelum ditetapkan,” terangnya.

Lanjutnya pula, tatib DPRD Kolaka mengacu pada peraturan pemerintah nomor Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota dan peraturan lainnya yang tidak bertentangan. “Kita bisa saja menambahkan redaksi DNA narasinya, namun tetpa men gacu para PP nomor 12 dan juga peraturan lainnya, bahkan kita bisa juga memasukan kearifan lokal didalamnya, seperti pakaian, kita bisa masukan ada unsur budaya lokalnya,” ujarnya. (Mir/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top