BERITA UTAMA

Optimalkan Data Warga, Dinsos Kolaka Bentuk TRC Data

Kadis Sosial Kolaka Akbar didampingi Sekdsi Sosial Alfian bersama Tim TRC Data Dinsos Kolaka yang siap melakukan verifikasi data dilapangan.FOTO:Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Guna merespon data masyarakat Kolaka yang ingin mendapatkan bantuan, Dinas sosial (Dinsos) Kolaka membentuk Tim Respon Cepat Pendataan (TRC Dara) yang akan bertugas disetiap desa dan kelurahan.

 

Sekretaris dinas (Sekdis) Sosial Alfian mengatakan, saat masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan setiap harinya terus berdatangan ke Dinsos untuk melakukan pengurusan agar bisa mendapatkan bantuan. Sehingga untuk merespon secara cepat data warga yang masuk pihaknya melakukan suatu inovasi agar data yang masuk dapat segera diverikasi secara langsung ditempat tinggal warga tersebut.

 

“Jadi intinya ini merupakan inovasi kami, kebetulan saya juga sedang mengikuti Diklat Pin tiga, sehingga harus ada inovasi yang saya lakukan agar bisa bermanfaat bagi organisasi sehingga lahirlah tim reaksi cepat ini,” ungkapnya saat ditemui media ini, Selasa (5/11).

 

Apalagi kata Alfian, yang menjadi persoalan sekarang khususnya di Dinas Sosial yaitu masalah data, karena data yang valid juga digunakan juga oleh instansi-instansi pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan.

 

“Yang menjadi persoalan utama kami disini banyak penerima bantuan itu harus terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT), seperti penerima PKH dan BPNT semua harus terdaftar dulu di BDT agar dapat menerima bantuan dari pemerintah,” akunya.

 

Sehingga, lanjut Alfian yang menjadi persoalan bagaimana dengan masyarakat yang tidak mampu tapi layak menerima bantuan, siapa yang mau urus kalau buka Dinas Sosial sementara banyak dilapangan layak mendapatkan bantuan tapi tidak mendapatkan bantuan. Inilah yang menjadi inspirasi kami supaya yang belum terdaftar BDT bisa kita akomodir karena hampir setiap hari masyarakat datang untuk mendaftarkan diri agar bisa mendapatkan bantuan.

 

Karena terkadang warga datang melapor kenapa tetangganya dapat sementara dia tidak dapat padahal dia lebih layak dapat sehingga mereka datang langsung kesini, untuk merespon keluhan warga tersebut makanya kami bentuk tim respon cepat. Sehingga orang yang datang kesini akan kami langsung verifikasi apakah memang benar kondisinya layak untuk dibantu.

 

“Begitu mereka datang kami data dulu, kemudian kami kirimkan ke Tim relawan. Jadi tim yang akan turun langsung mengecek kondisi dilapangan makanya mereka respon cepat data yang masuk. Seperti itulah tugas tim TRC Data dilapangan melakukan validasi data,” terangnya.

 

Saat ini,  kata Alfian ada 80 tim relawan dan 12 fasilitator yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Kolaka yang siap melakukan verifikasi data. Dan Kedepanya tim relawan akan ditambah sehingga dalam satu desa dan kelurahan ada satu tim yang akan stand bae dilapangan.

 

“Jadi saat melakukan validasi data ada aplikasi BDT yang akan digunakan tim relawan untuk melakukan verifikasi lapangan jadi cepat dapat diketahui apakah masyarakat ini layak untuk mendapatkan bantuan. Karena selama ini kalau melakukan pendataan butuh waktu yang lama dan pasti menggunakan biaya yang besar. Sehingga dengan hadirnya tim ini sangat membantu dalam mendukung program pemerintah kabupaten Kolaka dalam rangka menekan angka kemiskinan,” tutupnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top