BERITA UTAMA

DPRD Kolaka  Akui Kondisi Jalan Menuju Kampus USN Kolaka Mengkhawatirkan

Rombongan anggota DPRD Kolaka saat melakukan peninjauan jalan yang meresahkan masyarakat desa Popalia dan sekitarnya.FOTO:Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Guna memastikan kondisi jalanan yang dikeluhkan masyarakat desa Popalia kecamatan Tanggetada, rombongan anggota DPRD Kolaka yang dipimpin langsung  Wakil Ketua sementara DPRD Kolaka Husmaluddin melakukan kunjungan ke lokasi tersebut, Jumat (8/11). Dari hasil kunjungan mereka dewan mengakui jika kondisi jalanan yang berada di kampus baru USN Kolaka tersebut memang kondisinya mengkhawatirkan.

 

Ketua sementara DPRD Kolaka Husmaluddin mengaku jika, kunjungan perdana mereka pasca dilantik akhir Oktober lalu, merupakan inisiatif para anggota DPRD Kolaka untuk turun melihat langsung kondisi jalan yg disuarakan dan dikeluhkan oleh masyarakat desa Popalia.

 

“Ini merupakan inisiatif kami berkunjung langsung kesini, dan kunjungan kami juga ini mendapat apresiasi dari bapak Ketua sementra DPRD Kolaka Zaenal Amri,” ungkapnya saat ditemui media ini.

 

Melihat kondisi jalanan, kata kader muda PAN ini, dirinya prihatin melihat kondisi jalanan yang memang mengkhawatirkan bagi masyarakat yang melintas, sebab jalanan tersebut belum teraspal, sehingga dimusim kemarau saat sekarang ini debu sangat mengganggu pengguna jalanan. Apalagi aktivitas masyarakat cukup padat karena adik mahasiswa sudah melakukan perkuliahan dikampus baru mereka.

 

“Kondisi jalanannya memang menghawtirkan bagi pengguna jalan apa lagi masyarakat. Pertimbangan sangat mendasar pula, jika dimusim kemarau debu menyerang pernafasan pengguna jalan, karena jalannya yang belum diaspal dan hamparan batu bisa saja mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara. Belum lagi ketika musim hujan akan lebih parah lagi. Sehingga  kondisi ini sangat dikeluhkan oleh masyarakat desa Popalia saat ini. Dan ini akan menjadi perhatian kami kedepannya,” akunya.

 

Hal senada dikatakan Firlan Muharram Alimsyah yang ikut bersama rombongan parlemen muda Kolaka saat meninjau lokasi tersebut, mengaku jika kondisi jalanan di Desa Popalia menjadi akses utama mahasiswa USN Kolaka yang telah dihuni 4 Fakultas, dan jalan itu pula menghubungkan tiga desa yakni desa Tinggo, Rahanggada, dan desa Popalia. Namun dengan padatnya aktivitas disana tidak ditunjang oleh sarana jalanannya, sebab kondisi jalanannya belum teraspal sama sekali, sehingga mengkhawatirkan para pengguna jalan.

“Kita prihatin melihat kondisi jalannya. Apalagi kami mendengarkan langsung keluhan kepala desa dan masyarakat pqopalia, sangat terasa harapan besar dari merka agar kiranya usulan mereka yang sudah sering kali dituangkan dalam program Musrembang tiapa tahun ini dapat cepat terelisasi. Sehingga kami juga akan berupaya mengawal agar ditahun depan jalan tersebut sudah harus bisa teraspal, karena kami lihat memang itu wajib dilaksanakan oleh Pemda Kolaka,” ucapnya.

 

Untuk itu Firlan meminta kepada masyarakat untuk bersabar, apalagi saat ini para anggota DPRD Kolaka belum bisa berbuat banyak. Akan tetapi selaku legilator tidak terlepas dari fungsi pengawasan. Yang mana mengawasi dan memyapaikan keluhan masyarakat persoalan penyampaian aspirasi terkait jalan yang meresahkan masyarakat dan juga mahasiswa USN Kolaka akan terus kami kawal. Dan Kami juga akan trus mengkordinasikan terlpas dengan semua alasan yang samapai saat ini, mengapa jalan belum diaspal.

 

“Kami tak akan masuk karena komentatis yang hanya menambah beban kesengsaraan masyarakat Popalia dan sekitarnya. Kemudian perlu dipahami ditahun depan pemerintah daerah punya program pengspalan sepanjang 2 kilo meter per kecamatan. Sehingga kami akan menyuarakan suara masyarakat baik diegeslatif maupun  dieksekutif. Namun kiranya masyarakat perlu bijak dengan kondisi anggota legislatif yang baru saja bekerja tanggal 28 Oktober lalu. Jadi ada banyak hal yang sementara kami progres termksud alat kelengkapan dewan (AKD) yang nanti akan bekerja secara spesipik di komisi-komis yang membidangi permaslahan ditengah masyarakat,”katanya.

 

Untuk diketahui rombongan anggota DPRD Kolaka yang turun langsung meninjau kelokasi jalanan rusak berjumlah empat orang yakni Husmaluddin (PAN), Firlan Muharram Alimsyah (PKS), Al-Mutaram (Golkar), dan Nasrudin (Demokrat). (K9//hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top