BUTON UTARA

Pemda Butur Bahas Hasil Survei Kepuasan Pelayanan Publik Perangkat Daerah

Pembahasan hasil survei akhir kepuasan pelayanan publik di OPD

KOLAKAPOS, Buranga–Pemerintah Daerah Buton Utara (Pemda Butur) menggelar pembahasan hasil survei akhir kepuasan pelayanan publik di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Butur di Aula Sekertariat Daerah, Selasa (12/11).
Pembahasan tersebut hasil kerjasama Sekertariat Daerah Kabupaten Buton Utara, dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari.
Kegiatan dibuka oleh Asiten II Setda Butur, Budianti Kadidaa dan turut hadir sejumlah kepala OPD lingkup Pemda Butur, camat, lurah, serta tim survei UHO.
Dalam sambutanya, Asisten II Setda Butur, Budianti Kadidaa menyampaikan, hasil survei yang dilakukan dari 18 sampel yang mencakup 12 OPD, 2 kecamatan dan 2 kelurahan. Diungkapkan hasilnya terdapat mutu pelayanan publik masih rata-rata nilai C.
“Kita berharap tentu memiliki nilai baik atau sangat baik. Tentunya perlu langkah-langkah mutu pelayanan yang lebih baik,” katanya.
Mantan Kadis Pertanian ini menjelaskan, dinas-dinas yang masih sangat rendah nilainya dibutuhkan pelayanan publik lebih baik. “Seperti pusat kesehatan, pendidikan, catatan sipil merupakan hal diutamakan,” ujarnya.
Mantan Kadis Perikanan ini menambahkan, selaku pemerintah daerah berharap kegiatan tersebut tidak berhenti begitu saja. Tetapi tahun berikutnya terus dilakukan pengamatan terhadap mutu pelayanan atau kepuasan terhadap pelayanan ditiap OPD.
“Apakah pelayanan itu nilainya semakin bertambah atau justru semakin menurun, dari hasil yang telah di survei. Sampel ini bisa ditingkatkan, karena hanya beberapa OPD. Kedepan semua OPD, dan kegiatan ini akan terus berlanjut, tidak berhenti sampai disini saja,” ungkapnya.
Untuk diketahui, tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan survei disetiap OPD yang mendapatkan nilai C, yakni Dukcapil, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, RSUD, Dinas Perumahan, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Kecamatan Kulisusu Barat dan Puskesmas Labuan.
Selanjutnya tingkat kepuasan pelayanan publik yang mendapatkan nilai B, yakni PTSP, PUPR, BPBD, BKD, BKPSDM, Kecamatan Kulisusu, Kelurahan Labuan dan Puskesmas Wakorumba.
Sementara keputusan pelayanan publik yang mendapatkan nilai A yakni Kelurahan Lipu. (k10/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top