BUTON UTARA

Sembilan OPD Butur Memiliki Mutu Pelayanan Publik Kurang Baik

Presentasi seminar akhir survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik Pemda Butur tahun 2019

KOLAKAPOS, Buranga–Tingkat kepuasan Publik terhadap seluruh jenis pelayanan publik dari 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah Buton Utara (Pemda Butur) yang disurvei, ada 9 OPD yang memiliki kinerja unit pelayanan kurang baik (C).
Adapun sembilan OPD yang dimaksud, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran, Kecamatan Kulisusu Barat dan Puskesmas Lambale.
Sementara 8 OPD mendapatkan kinerja unit pelayanan yang baik (B), yaitu PTSP, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Keuangan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kecamatan Kulisusu, Kelurahan Labuan, dan Puskesmas Wakorumba Utara.
Selanjutnya tingkat kepuasan publik terhadap seluruh jenis pelayanan publik dari 18 OPD yang disurvei, Kelurahan Lipu menempati urutan pertama dengan kinerja sangat baik (A).
Beberapa alasan perbedaan nilai pada pelayanan publik di 18 OPD yang disurvei, yaitu Kelurahan Lipu mendapatkan nilai agregat A penyebabnya adalah hasil data survei kuisioner menunjukkan 9 unsur sangat baik. Unsur itu meliputi persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan dan penanganan pengaduan, saran, masukan, sarana dan prasarana.
Sedangkan OPD yang memiliki mutu pelayanan kurang baik (C), penyebabnya adalah data survei kuisioner menunjukkan lima unsur kurang baik, yaitu prosedur pelayanan, waktu pelayanan, kompetensi petugas, perilaku pelaksana, serta pengaduan saran dan masukan.
“Kita berharap semuanya tentu memiliki nilai baik atau sangat baik. Tapi tentunya perlu langkah-langkah mutu pelayanan yang lebih baik,” ujar Asiten II Setda Butur, Budianti Kadidaa.
Diketahui, hal ini melalui presentasi seminar akhir survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik Pemda Butur tahun 2019, kerjasama Pemda Butur dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UHO Kendari, yang digelar di Aula Setda Butur beberapa waktu lalu. (k10/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top