BERITA UTAMA

TP4D Kejari Muna : Muna Barat Ditelaah, Buton Utara Nihil, Muna 14 Paket Proyek

KOLAKAPOS, Raha–Minat instansi pemerintahan pada tiga kabupaten di dalam wilayah pengawasan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Muna Barat dan Buton Utara untuk mengajukan permintaan pendampingan ke Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) masih sangat rendah. Faktanya dari tiga kabupaten tersebut, hanya 14 paket proyek yang mendapatkan persetujuan pendampingan. Itupun hanya berada di Kabupaten Muna. Sementara Muna Barat masih tahap telaah jaksa, kemudian Buton Utara nihil permintaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Muna, Husin Fahmi melalui Kasi Intel Laode Abdul Sofyan mengatakan, permintaan pendampingan pekerjaan proyek pada TP4D bukan sebuah kewajiban daerah. “Kita bisa melaksanakan itu, kalau ada permintaan. Jadi TP4D itu, bukan bicara soal patuh dan tidak patuh,” ucapnya pada awak media saat dijumpai di pelataran SOR Laode Pandu, Raha. Rabu (13/11)

Sejatinya kata pria yang karib disapa Sofyan ini mengungkapkan, Pemkab Muna Barat pada tahun ini telah melakukan permintaan pendapingan pada TP4D Kejari Muna. Tetapi proyek yang diajukan untuk dilakukan pendampingan jaksa, pekerjaannya sudah masuk tahap 100 persen. Jadi sampai saat ini pihaknya masih pikir-pikir untuk menyahuti permohonan Pemkab Muna Barat tersebut. “Muna Barat ada permintaan, berapa jumlahnya? lupa saya. Yang pastinya ada permintaan. Salah satunya pekerjaan ring road (proyek pengaspalan jalan lingkar kota Laworo). Kita belum ambil kesimpulan. Sementara ditelaah dulu,” ungkapnya

Untuk Pemkab Buton Utara, Sofyan mengakui hingga saat ini belum ada permintaan pengawalan terhadap proyek strategis yang dikerjakan oleh daerah tersebut. “Yang ada itu hanya dana desa,” kata Sofyan

Sementara itu, untuk Pemkab Muna terdapat puluhan paket proyek yang kini masih dalam pengawasan TP4D. Pasalnya puluhan proyek tersebut masuk dari dua instansi yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. “Seluruhnya sekitar 14 paket,” pungkasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top