BERITA UTAMA

Sambut HKN Ke-55 Tahun, Dinkes Kolaka Gelar Berbagai Lomba dan Kegiatan Sosial

KOLAKAPOS, Kolaka–Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun, yang jatuh pada tanggal 12 November, pemerintah daerah (Pemda) Kolaka, menggelar berbagai macam kegiatan sosial dan lomba antar Puskesmas se-kecamatan Kolaka.

Kepala dinas kesehatan (Kadinkes) Kolaka Harun Massiri mengatakan, dalam menyambut HKN tahun ini, pihaknya menggelar berbagai kegiatan baik itu sifatnya sosial seperti sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan secara gratis, dan berbagi macam lomba serta jalan santai.

“Dalam rangkaian kegiatan HKN tahun ini, banyak jenis kegiatan yang kami laksanakan yakni Pameran Puskesmas, pameran Germas desa dan kelurahan se-kecamatan Wundulako, Bazar IBI cabang Kolaka, acara apoteker, cek kesehatan, Jalan santai, lomba vokal grup, lomba senam sehat,lomba cuci tangan, dan lomba bola gotong, lomba balap karung, serta sunatan massal yang diikuti 90 orang anak,” ungkapnya saat ditemui media ini, Sabtu (16/11).

Selain itu, kata Harun Massiri pihaknya juga melakukan sosialisasi gerakan masyarakat sehat atau Germas, hal ini dilakukan agar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

“Kami juga sosialisasikan Germas ini yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat terhadap perilaku hidup sehat. Berbagi kegiatan telah dilakukan seperti senam Germas, kampanye makan sayur dan buah serta kegiatan lainnya,” akunya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kolaka, Madu mengatakan, rangkaian HKN ke-55 di Kolaka dengan kegiatan sunatan massal yang telah diselenggrakan di Rumah Sakit SMS Berjaya Kolaka dan diikuti oleh 90 anak.

Adapun tujuan dari kegiatan sunatan massal adalah untuk menghidupkan kembali budaya dan syiar dalam masyarakat, membantu masyarakat untuk memahami serta melaksanakan khitan sesuai dengan perintah dan ajaran agama serta untuk meringankan beban masyarakat dari sudut pandang ekonomi.

“Melalui sunatan massal ini merupakan peluang untuk berbagi kebahagiaan dari para insan kesehatan dan organisasi profesi yang ada di Kolaka kepada masyarakat untuk mewujudkan GERMAS. Selain sunatan massal, kita juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis berupa periksa kolestetol, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan hipertensi,” ucapnya. ” ungkapnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top