METRO KOLAKA

UKM Mart Siap Pasarkan dan Promosikan Produk Lokal

Produk hasil UMKM Kolaka yang dipasarkan dan dipromosikan di UKM Mart

KOLAKAPOS, Kolaka–Ada kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Kolaka yang terkendala dalam pemasaran produknya. Kini produk UMKM itu akan dipasarkan dan dipromosikan melalui mini market UKM Mart yang terletak di Jalan Kasuari Nomor 20 Kolaka. UKM Mart ini baru saja oleh Pemkab Kolaka, pada Senin (18/11).

UKM Mart merupakan mini swalayan pertama yang ada di Bumi Mekongga yang khusus menjual hasil produk lokal UMKM. Pengagasnya adalah Suyanti Suaib, Kepala Bidang UMKM di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka. Reformer yang sementara menjalani diklat PIM III menggagas proyek perubahannya itu dengan judul promosi dan akses pemasaran bagi produk-produk UMKM melaui UKM Mart.

Suyanti Suaib mengatakan, produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UKM di Kolaka tak kalah menariknya dengan produk di daerah lain. Hanya karena keterbatasan promosi dan pemasaran produk tersebut tidak terpasarkan dengan baik. “Potensi produk lokal dari UMKM Kolaka itu besar, produknya tidak kalah dari daerah luar. Hanya saja akses pemasaran dan promosi tidak ada, makanya melalui akses promosi dan akses pemasaran di UKM mart, pelaku usaha UMKM bisa memasarkan produknya disini. Ini juga bisa menjadi tempat oleh-oleh khas Kolaka, jadi kalau ada tamu atau wisatawan bisa langsung belanja kesini,” terangnya.

Dia berharap gagasannya itu akan dikembangkan sehingga di setiap kecamatan yang ada di Kolaka terdapat UKM Mart. “Semua ini sekitar 70 persen hasil karya asli anak Kolaka. Ada juga produk adaptasi dari luar yang dikembangkan di Kolaka,” ujarnya.

Harapannya, kedepan produk UMKM Kolaka semakin berkembang dengan dukungan dari berbagai pihak. “Produk lokal UMKM Kolaka itu banyak, saat ini saja ada 30 produk olahan makanan, belum lagi kerajinannya, jadi tinggal dikembangkan dan dipasarkan saja, dan tentu memang perlu dukungan,” katanya.

Dia juga mengatakan melalui UKM Mart pelaku usaha akan dibantu dalam promosi dan pemasaran. “Nanti melalui UKM mart online juga, akan dipasarkan dan dipromosikan, apalagi sudah ada bantuan teori teknik penjualan online misalnnya melalui kerjasama Tokopedia. Mereka diajarkan bagaimana mengambil gambar produk kemudian dipasarkan online,” jelasnya.

Terkait UKM Mart itu Kadis Koperasi dan UMKM Kolaka, I Nyoman Swastika, mengatakan adanya UKM Mart tersebut diharapkan dapat membantu pelaku usaha ekonomi kreatif dan UMKM di Kolaka. “Ini merupakan inovasi dan terobosan baru yang perlu mendapat dukungan, karena memang kita ketahui produk kita itu yang susah di pemasarannya, karena saat ini produk lokal belum mendapat tempat dan promosi pemasarannya. Makanya kehadiran UKM Mart ini tentu sangat membantu. Hanya saja ke depan produk kita juga harus berkesinambungan, karena biasanya mitra itu meminta komitmen kesinambungan produknya, makanya harus ada sinergitas semua pihak,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Kolaka, Mustajab dalam sambutannya launching UKM Mart itu mengatakan UKM Marta bisa bergandeng dengan Koperasi, apalagi saat ini juga di Kolaka sudah ada program pengembangan Koperasi dengan mendirikan Meambo Mart. “Ini bisa menggandeng koperasi, apalagi ada nanti Meambo Mart, jadi makin luas cakupan dari produk UMKM kita. Tentu dengan promosi dan pemasaran seperti ini akan semakin bagus, kan saat ini orang itu mencari kenyamanan dalam belanja, ada AC-nya, pegawainya ramah, tadinya hanya mau beli satu, tapi karena nyaman bisa jada beli yang lainnya lagi, apalagi kalau diviralkan melalui online. Dan pemerintah selalu mendukung inovasi seperti ini, ” bebernya. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top