METRO KOLAKA

Inspektorat dan Kejari Gelar Sosialisasi TP4D di Wundulako

Inspektorat Kolaka bersama Kejari Kolaka saat menggelar sosialisasi TP4D di Aula Kantor Camat Wundulako, Rabu (20/11). FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Inspektorat Daerah Kolaka bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka menggelar sosialisasi tugas dan fungsi Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), di Aula Kantor Camat Wundulako, Rabu (20/11). Kegiatan bertema ‘Melalui Sosialisasi T4D, Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Guna Menuju Kolaka yang Semakin Maju, Berkeadilan, dan Sejahtera’ dihadiri Kapolsek Wundulako AKP Bachtiar Tayeb, perwakilan Koramil Wundulako dan sejumlah kepala sekolah, kepala desa, dan lurah di tiga kecamatan yakni kecamatan Latambaga, Kolaka, dan Wundulako.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kolaka, Amrisal mengatakan TP4D merupakan lining sektor Kejaksaan terkait pencegahan agar tidak terjadi penyelewengan anggaran negara. Sehingga pemerintah pusat melalui Kejaksaan Agung membentuk TP4D di seluruh wilayah Indonesia. “Kenapa perlu adanya pendamping agar memberikan pemahaman kepada pengelola keuangan negara agar tidak disalahgunakan. Itulah tujuan dibentuknya TP4D agar menghindari dari hal-hal yang merugikan uang negara,” katanya.

Amrisal juga mengingatkan kepada para pengguna anggaran agar tidak mengabaikan pihak Inspektorat. Sebab Inspektorat memiliki kewenangan terkait perhitungan kerugian negara. “Kami mengapresiasi kepada pihak Inspektorat telah melaksanakan kegiatan ini. Dan perlu saya tekankan bahwa Inspektorat punya kewenangan terkait perhitungan kerugian negara dan itu sudah diatur dalam perudang-undangan. Jadi jangan abaikan Inspektorat jika sedang melakukan monev atau monitoring,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Sekdis Inspektorat Kolaka, Teguh mengatakan pembentukan TP4D bagian dari instruksi Presiden nomor 12 tahun 2017 didalam menugaskan Kejaksaan Agung untuk memebentuk TP4D. “Kegiatan sosialisasi ini merupakan program kami setiap tahunnya bersama Kejari Kolaka, dan ini merupakan langkah awal agar kita semua bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Mengawasi dan membina bisa dilakukan dengan cara monitoring itulah kegiatan Inspektorat untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik sesuai visi-misi bupati Kolaka untuk itu kami bersama Kejaksaan mengawal program pemerintahhan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Wundulako Abdul Rasyid Puteh mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak Inspektorat bersama Kejari Kolaka. Diharapkan adanya sosialisasi itu dapat memberikan bimbingan kepada semua pengguna anggaran agar lebih baik lagi dan berhati-hati dalam mengelola anggaran negara, sehingga tidak menyimpang dari mekanisme. “Kita harapkan melalui kegiatan ini tidak akan ada pejabat yang menyalahgunakan uang negara,” harapnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top