BUTON UTARA

Desa Karya Bakti Wakili Butur di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Tatap muka bersama tim penilai lomba P2WKSS tingkat Sultra.FOTO:Darmawan/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Buranga–Desa Karya Bakti, Kecamatan Kulisusu Barat mewakili seluruh desa di Kabupaten Buton Utara (Butur) dalam mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2019.

Hal ini adanya kunjungan tim penilai lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Desa Karya Bakti, Minggu, 24 November 2019.

Kunjangan itu turut hadir Bupati Butur Abu Hasan, Ketua TP PKK Butur Siti Rabiah Abu Hasan, sejumlah kepala OPD, camat, kepala desa, masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, pemilihan Desa Karya Bakti adalah pilihan yang tepat. Karena menurutnya selain memiliki kriteria lomba, juga memiliki masyarakat yang sangat dinamis, kebersamaan, dan saling gotongroyong. “Kepala desanya bagus dan didukung oleh camatnya yang sangat linca, insyaallah menang,” ujar Abu Hasan.

Olenya itu, Dia berharap dengan adanya lomba tersebut akan banyak mengalami perubahan-perubahan baik kondisi fisik desa, lingkungan sosial desa, maupun lingkungan kemasyarakatan lainnya.

Ditempat yang sama, Sarmin Balagi selaku mewakili tim penilai lomba P2WKSS tingkat Sultra dalam sambutanya mengungkapkan, penetpan desa yang akan dilombakan sesuai keputusan bupati atau wali kota. “Jadi yang menentukan lokasi adalah kabupaten/kota dengan persyaratan ekonomi, pendidikan, sosial budaya maupun kesehatan, “katanya.

Dia menuturkan, penentuan desa yang akan dinilai seharusnya telah ditentukan paling kurang satu tahun untuk pembinaan. “Jadi bukan karena sudah mau lomba tiga bulan, dua bulan baru dibina. Seharusnya ditetapkan dari setahun, memprogramkan semua lintas sektoral untuk masuk dilokasi yang telah ditetapkan,” ungkapnya. (k10/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top