BERITA UTAMA

USN Jalin Kerjasama dengan Universitas Malaysia

Foto bersama usai penandatanganan MoU, rektor USN Kolaka Azhari berssam Profesor Dr. Ahmad Tarmizi Bin Abd. Karim (UTHM).

KOLAKAPOS, Kolaka–Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menjalin kerjasama (MoU) dengan salah satu universitas negeri ternama di Malaysia yakni Univiersiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Penandatangan MoU tersebut dilaksanakan di Ruang Kerja Rektor USN Kolaka (26/11) dan ditandatangani langsung oleh Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari. Sebelumnya, MoU tersebut sudah ditandatangai sebelumnya oleh Naib Conselor (Rektor) UTHM Malaysia, Professor Datuk Ts Dr Wahid bin Razally.

MoU yang ditandatangani oleh kedua rektor universitas itu dibawa langsung oleh UTHM Malaysia yang diwakili oleh Profesor Dr. Ahmad Tarmizi Bin Abd. Karim.

Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dibidang akademik, penelitian dan pengembangan bersama. Usai penandatanganan tersebut, rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan UTHM merupakan salah satu universitas yang sudah berpengalaman sehingga akan dijadikan mentor bagi USN. “Karena UTHM itu sudah berpengalaman dan lebih duluan besar, makanya kita kerjasama dalam hal UHTM menjadi mentor kita,” terang Azhari.

Dalam kerjasama itu, dosen UTHM akan datang ke USN untuk berbagi ilmu, dan juga para mahasiswa USN akan dikirim ke UTHM menjadi mahasiswa magang. “Jadi dosen-dosen UTHM, Profesor-profesornya akan datang memberikan kuliah setiap enam bulan sekali, begitu juga mahasiswa kita akan kita kirim untuk kuliah disana menjadi mahasiswa magang,” terang Azhari.

Bahkan ke depannya kata Azhari antara USN dan UHTM akan menjalin kerjasama untuk program “double degree” (dua ijazah kelulusan). “Dan ke depannya kalau kita sudah bagus juga, kita akan kerjasamakan double degree (dua ijasah), bisa dia kuliah kuliah di USN dan juga di UHTM dan bisa dapat ijazah dua-duanya, begitu juga mahasiswa mereka, itu nanti kalau gradenya kita sudah mendekati tingkat global, Insya Allah itu tidak akan lama, dan dengan demikian kita sudah mendekati universitas yang berada dilevel global,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan UTHM, Profesor Dr. Ahmad Tarmizi Bin Abd. Karim mengatakan kerjasama tersebut dalam rangka berbagi pengalaman dalam segala bidang keilmuan. “UTHM sudah banyak bekerjasama dengan banyak university, bukan hanya USN saja, jadi kita ingin berkongsi dengan segala ilmu yang kita ada agar dimanfaatkan untuk semua. UHTM juga sudah memilki pengalaman yang agak lama 26 tahun daripada politeknik meningkat jadi university teknik, jadi kita boleh berbagi pengalaman saling kongsi, membantu USN, karena USN dimaklumkan baru 5 tahun menjadi university negeri,” terangnya dengan aksen Melayu.

Dengan kerjasama itu pula kata Tarmizi, diharapakan bisa terjalin hubungan persahabatan yang saling menguntungkan. “Dan UTHM adalah salah satu universitas negeri yang ke 15 daripada 20 universitas negeri yang ada di Malaysia, namun dalam masa yang singkat kita sudah berjaya mendapat rengking rengking. Sebagai contoh kita dibawah QS kita sudah diberi penerapan 4 bintang, insya Allah tahun depan kita diberi pengharapan yang baru, di dunia kita sudah top 5 persen dari pada 2800 rengking dunia, jadi kita boleh kongsi kongsi dengan berbagai university. Harapannya terjalin persahabatan yang baik,” tutup Tarmizi. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top