BOMBANA

Pemkab Bombana Wujudkan Desa Inovatif

Penyerahan penghargaan pembangunan inovasi desa.

KOLAKAPOS, Rumbia–Pemkab Bombana kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, dengan meraih penghargaan pembangunan inovasi desa (PID). Penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Drs. A. Halim Iskandar, saat acara rakornas digelar, di Jakarta, Senin (25/11).
Kepala DPMD Bombana, Hasdin Ratta menuturkan, pemberian penghargaan ini tidak terlepas dari kerjasama, berupa dukungan semua pihak dalam menciptakan inovasi desa.
Salah satu contoh inovasi itu, kata Hasdin, yakni pembagunan sarana olahraga multifungsi berupa lapangan futsal yang ada di desa Tunas Baru, Kecamatan Rarowatu Utara.
“Inovasi desa ini menjadi replikasi desa hingga menjadi terbaik II dalam nominasi raga desa inovatif 2019,” paparnya saat dikonfirmasi lewat whatsAppnya.
Mantan Asisten III itu menyampaikan, selain bupati mendapatkan penghargaan tersebut, penghargaan didapatkan pula oleh gubernur dan kepala desa.
Untuk diketahui, penghargaan ini bukan yang pertama kali, sebelumnya Juli 2019 lalu, kabupaten Bombana mendapatkan penghargaan atas nominasi Akuntabilitasnya dan Pelaporan serta kinerja TIK terbaik dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan Matausu, dengan nominasi program inovasi desa terbaik dari Tim Inovasi Kabupaten (TIK)
Terkait soal desa di Bombana yang berstatus desa tertinggal, kata Hasdin, pihaknya tengah berupaya agar status desa tiap tahunnya mengalami perubahan yang baik, tentunya langkah yang diambil yakni adanya kerjasama yang baik dalam menciptakan desa mandiri.
“Atas penghargaan tidak menjadikan kami untuk puas apa yang telah diraih saat ini. Kami lagi berupaya agar desa-desa yang ada di kabupaten Bombana tidak masuk dalam status desa tertinggal,” tutupnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top