KONAWE SELATAN

TKDD Konsel Naik 7,92 Persen

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat menerima DIPA Tahun 2020, yang diserahkan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga telah menerima Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020. Buku tersebut diterima Surunuddin
dalam agenda penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2020 oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, didampingi Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Perwakilan Sultra, Arif Wibawa, di Kota Kendari, pada Sabtu (30/11).

Di dalam daftar TKDD 2020 itu, Alokasi Dana TKD Konsel bernilai Rp1.371.563.750 dan Dana Desa (DD) sebesar Rp 255.484.714 miliar. TKDD ini naik 7,92 persen dibanding tahun 2019 lalu yang hanya senilai Rp 1.270.903. 750.

Ali Mazi dalam sambutannya berpesan agar KPA, memastikan realisasi anggaran tetap tinggi dan manfaatnya harus segera dirasakan langsung masyarakat, yang saling berkolaborasi dengan mengabaikan ego sektoral dan ego ke daerahan, karena membangun Sultra adalah tanggung jawab bersama.
“Penyerahan DIPA Tahun 2020, kita laksanakan lebih awal pada Bulan November, hal ini menunjukkan kuatnya komitmen Pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan publik,” jelasnya.

Ia berharap dengan penyerahan DIPA lebih awal, maka OPD lebih cepat menetapkan kegiatan atau pengadaan yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang. Sehingga kegiatan, utamanya yang bersumber dari belanja modal dapat dilaksanakan di awal tahun 2020.

“Saya menghimbau kepada seluruh Bupati, Walikota dan KPA, untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dengan prinsip cermat serta kehati-hatian. Juga memperhatikan rencana anggaran Kas, sehingga dapat memperlihatkan trend serapan anggaran dan progres fisik pembangunan secara merata,” tandas Ali Mazi.

Sementara itu, ditemui usai penerimaan DIPA, Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, dengan diterimanya petikan anggaran tersebut lebih awal, dapat memperlancar realisasi program kerja pembangunan yang menjadi prioritas. “Kita bersyukur dan berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat dan Pemprov, dengan memberikan kepercayaan lebih kepada kita dibuktikan meningkatnya nilai TKDD tahun ini dibanding tahun lalu,” ungkapnya.

Hal ini, lanjut dia, merupakan bukti dukungan nyata pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur dan pengembangan SDM dalam mewujudkan masyarakat Konsel yang lebih sejahtera, smart, amanah dan religius. “Tentu kita berharap pembangunan dapat berjalan lebih cepat, dengan memperhatikan asas manfaat yang efektif, efisien dan dapat dipertanggung jawabkan dalam membelanjakan sesenpun anggaran negara. Anggaran ini akan kita pergunakan sebaik-baiknya melalui percepatan pembangunan sesuai perencanaan di semua lini, dengan memperhatikan program prioritas yang juga harus menyesuaikan dengan kebijakan program kerja Presiden RI,” imbuhnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top