METRO KOLAKA

Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Bupati Kolaka Ahmad Safei bersama petugas BPS Sultra saat menghadiri kegiatan Ratekda BPS tingkat provinsi Sultra, Rabu (4/11). Foto : Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengajak seluruh masyarakat agar ikut berpartisipasi menyukseskan program pemerintah pusat melalui sensus penduduk tahun depan. Hal ini disampaikan bupati Kolaka saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Teknis Daerah Badan Pusat Statistik (Ratekda BPS) se-Sultra, Rabu (4/12). Kegiatan yang dipusatkan di salah satu hotel yang ada diwilayah kabupaten mengambil tema “Sensus Penduduk 2020 Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan” dihadiri Kepala BPS Sultra, Moh. Edy Mahmud dan ratusan perwakilan satuan kerja (Satker) di seluruh wilayah Sultra yang akan berlangsung selama enam hari.

Dalam sambutannya, Safei juga mengapresiasi pihak BPS Sultra karena kegiatan Raketda dipusatkan di wilayah otoritanya. “Terimakasih kepada BPS yang sudah menyelenggarakan Ratekda di Kolaka tentu banyak manfaatnya bagi kita yang di Kolaka. Saya kira dengan Ratekda ini banyak hal-hal yang akan dibicarakan secara teknis terkait hal-hal bagaimana data ini bisa dikelola dengan baik untuk menjadi sumber data yang valid sebagai bahan kita terkait data kependudukan yang akan kita butuhkan. Olehnya itu melalui Ratekda ini kita berharap bisa berjalan lancar dan sukses sehingga bisa mencapai target atau tujuan yang akan dicapai nantinya,” katanya.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kolaka agar bisa proaktif menyukseskan kegiatan sensus penduduk. “Saya berharap dengan akan adanya sensus penduduk 2020 semua stakeholder termasuk masyarakat berikanlah data yang sebenarnya, valid yg bisa dipertanggungjawabkan agar bisa menjadi data yang betul-betul bisa dipertanggungjawabkan,” pintanya.

Sementara itu, kepala BPS Sultra, Moh. Edy Mahmud mengatakan kegiatan Ratekda se-Sultra kali ini guna persiapan sensus penduduk tahun 2020. “Kami sengaja memilih Kolaka untuk melakukan kegiatan ini karena kita lihat perkembangan kota Kolaka yang sudah sangat maju baik dari infrastrukturnya dan prsarananya juga ada sehingga kita coba suasana lain adakan Ratekda di luar kota Kendari. Saya berterima kasih kepada bapak Bupati Kolaka yang berkenan hadir membuka kegiatan ini,” ungkapnya.

Edi berharap seluruh masyarakat Sultra baik masyarakat pemerintah maupun masyarakat swasta bisa menyukseskan program sensus penduduk dengan memberikan data yang sebenarnya. “Kita mulai melakukan sensus penduduk secara online pada bulan Februari 2020, sehingga kami minta partisipasi masyarakat. Jadi bagi masyarakat yang penuh akan aktivitas atau kesibukan dan lain sebagainya sehingga tidak bisa didatangi petugas, bisa memilih untuk memasukan data kependudukannya secara online. Jadi masyarakat yang sudah mengisi secara online diwebsite kami www.sensusbps.go.id petugas kami tidak akan lagi berkunjung ke rumah masyarakat karena datanya sudah ada,” pungkasnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top