BERITA UTAMA

USN-PTN Satu- satunya di Wilayah Timur yang Mengusul Akreditasi Institusi

USN KOLAKA

KOLAKAPOS, Kolaka —Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dianggap institusi Perguruan Tinggi Negeri yang berani mengajukan atau mengusulkan untuk dievaluasi dan dinilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi oleh tim assesor. Hal itu disampaikan oleh Nining Setiawati, Kepala Subdirektorat Penilaian Kinerja Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti, saat berkunjung ke USN bersama tim Simulasi Visitasi Akreditasi Program Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Tahun 2019 di Kampus USN Kolaka (5/12).
“USN termasuk Berani, sebab selain masih merupakan PTN baru, juga kita ketahui di Indonesia itu ada sekitar 3.000an Perguruan Tinggi yang mengajukan dan hanya sedikit yang terakreditasi Institusi,” papar Nining.
Lanjutnya bahkan di Tahun 2019 ini USN Kolaka menjadi satu satunya PTN baru di wiliayah timur yang mengusulkan untuk diakreditasi. “Tahun 2019 ini peserta awal wilayah barat ada 41 Perguruan Tinggi, wilayah timur juga 41 Perguruan Tinggi, namun dalam perjalanannya peserta akhir wilayah barat dan timur tinggal 17 Perguruan Tinggi, dari semua itu terdapat 2 PTN baru, satu di wilayah barat dan satu di timur yaitu USN,” terangnya.
Dia juga mengatakan Akreditasi institusi adalah penting, karena merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan tinggi.
Terkait keberanian USN mengusulkan untuk menjadi peserta akreditasi Perguruan Tinggi itu, Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari mengatakan, USN ingin menunjukkan kesiapannya bersaing sebagai Perguruan Tinggi yang berkualitas.
“Kami USN siap bersaing, pelan tapi pasti, kita mau menuju persaingan dalam peningkatan kualitas dan standar mutu perguruan tinggi,” terangnya.
Lanjutnya, meski USN terbilang masih baru sebagai perguruan tinggi negeri, namun kesiapannya untuk diakreditasi institusi telah siap. “Bangunan kita jadi, ada laboratorium yang peralatan nya mutakhir dari dalam dan luar negeri, gedung berlantai tiga, rektoratnya ada, gedung LPPmnya siap, jadi memang sebelumnya kita belum siap karena masih swasta dan hanya punya gedung seluas 1 ha, tetapi sekarang kita sudah percaya diri, kita bisa undang para Professor datang di USN untuk go nasional dan Asean,” jelasnya.
Lanjutnya, USN akan melangkah dengan pasti untuk menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan berkualitas. “Kalau di Baula nanti kedepannya kita siapkan akan menjadi fakultas kedokteran dan kesehatan masyarakat, jas step by step USN perjalanan jelas dan teratur,” paparnya. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top