BERITA UTAMA

Bupati Muna Gratiskan Penyeberangan Raha-Maligano

KOLAKAPOS, Raha–Bupati Muna, LM Rusman Emba  bersama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) meresmikan pengoperasian KM Ghanda Nusantara  19 dengan rute penyeberangan Raha-Maligano. Pasalnya, kapal jenis Rede tersebut beroperasi dua kali sepekan yakni berangkat dari Raha ke Maligano, Sabtu Pukul 13.00 Wita  dan berangkat dari Maligano ke Raha, Minggu pukul 8.00 Wita.

Penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi laut antar pulau di dalam wilayah Kabupaten Muna ini akan digratiskan. Hal tersebut diucapkan langsung  Bupati Muna LM Rusman Emba dalam peresmian pengoperasian kapal milik PT Pelni di Pelabuhan Nusantara Raha, Minggu (8/12).

Bupati berharap  dengan beroperasinya KM Ghanda Nusantara  19 dapat  membantu meningkatkan roda perekonomian sekaligus mempermudah masyarakat dalam memasarkan hasil pertanian, perkebunan serta hasil laut dari Muna kepulauan bagian timur ke ibu kota kabupaten (Raha). “Ini bukti komitmen kami,  membuka akses transportasi seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Nakhoda KM Ghanda Nusantara  19, Kapten Haryanto mengatakan kapasitas penumpang kapal sebanyak 80 orang dan di bagian geladak depan dapat memuat kendaraan roda dua sebanyak 20 unit dan roda empat dua unit. ” Dijamin ful AC” katanya.

Jarak lintasan Raha-Maligano kata Haryanto yakni sekitar 10 mil dan bisa ditempuh oleh KM Ghanda Nusantara  19 selama 1 jam 20 menit. “Dari Raha ke Maligano bisa mengangkut roda dua, tapi dari Maligano ke Raha tidak bisa,” pungkasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top