KONAWE SELATAN

Jelang Pilkades, Polres Konsel Tingkatkan Keamanan Ditiap Desa

Kapolres Konsel AKBP Dedi Adriyanto (tengah) saat menggelar cofee morning bersama media terkait Kamtibmas menjelang Pilkades serentak dan Pilkada.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang akan diikuti oleh 127 Desa tersebar di 25 Kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kepolisian Resort (Polres) Konsel akan meningkatkan keamanan disetiap Desa yang akan melaksanakan Pilkades.
Hal itu ditegaskan Kapolres Konsel AKBP Dedi Adriyanto, pasalnya Pilkades serentak ini akan diikuti 127 Desa yang pemilihannya akan dilaksanakan pada 28 Desember mendatang, sehingga tingkat konflik sangat rawan terjadi.
“Kita sudah menyiapkan ada berapa pola pengamanan, yakni setiap TPS akan dijaga 2 personel Polri, kita juga akan siapkan satu pleton Brimob dan satu pleton Sabhara, untuk standby di Mako Polres, maupun patroli pada saat pelaksanaan kegiatan nantinya,” jelas Dedi, Minggu (8/12).
Lanjutnya, dari hasil pemetaan Polres Konsel, semua Desa dianggap rawan konflik, apalagi Konsel masyarakatnya sangat heterogen, sehingga perlu ditingkatkan keamanannya, untuk menghindari gesekkan dan konflik.
“Selain itu juga, setiap kali saya Kunker ke beberapa wilayah, saya selalu menyampaikan dengan para Camat dan Kepala Desa, agar diselenggarakan deklarasi damai bersama dengan para calon, ini sangat membantu jika dilaksanakan,” ungkapnya.
Dedi berharap, pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada masalah, pihaknya juga telah memerintahkan setiap Bhabinkamtibmas agar rutin memberikan pemahaman kepada masyarakat yang akan mengikuti Pilkades, untuk mnghindari konflik.
“Saat ini juga kita rutin melaksanakan patroli ditiap Desa melalui Polsek setempat, untuk menertibkan masyarakat yang sering miras, termasuk penjual miras sendiri, apalagi di Desa-desa ini banyak Miras buatan sendiri. Ini semua dilakukan demi menghindari terjadinya konflik,” tukasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top