BERITA UTAMA

Surunuddin : Koltim Miliki Tiga Potensi Unggulan

KOLAKAPOS, Andoolo–Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, sampaikan tiga potensi unggulan yang ada di Kecamatan Kolono Timur (Koltim), yakni Teluk Kolono, Tanaman Kelapa dan Jambu Mete, untuk terus dikembangkan dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi, Minggu (8/12).

Hal itu diungkapkannya, saat kunker di Kecamatan Koltim, dampingi Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda), H. Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Ia menjelaskan, untuk Teluk Kolono telah dilakukan penelitian oleh ilmuwan dari Amerika, dan hasilnya memiliki potensi sangat bagus karena ditopang pohon mangrove, yang masih terjaga dengan baik. Untuk itu Surunuddin berpesan, agar masyarakat terus mempertahankan kondisi tersebut, dengan tidak merusak dan menjaganya, serta tidak membuang sampah di Teluk Kolono.

“Kawasan hutan mangrove Teluk Kolono, saat ini masih natural dan asri, jadi saya himbau warga bersama-sama melindungi dan melestarikannya, dengan tidak membuang sampah di sekitar pantainya, yang nantinya juga menjadi modal untuk dijadikan lokasi destinasi wisata baru,” imbuhnya.

Selanjutnya Surunuddin menyampaikan, agar masyarakat memanfaatkan potensi pertanian dan perikanan yang ada, serta memanfaatkan Dana Desa untuk pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga menyampaikan rasa bangganya karena walaupun ditengah musim kemarau panjang, warga Koltim mendapat nikmat yaitu hasil panen pertanian jambu mete kualitas baik.

“Dan untuk meningkatan pendapatan keluarga, saya berjanji akan memberikan pelatihan kepada para Ibu Rumah Tangga, untuk membuat usaha pengolahan ikan, kelapa maupun jambu mete, agar orang orang yang melintas dapat membeli hasil usahanya. Apalagi Koltim, merupakan daerah lintasan menuju Kabupaten Buton,” ungkapnya. (K5/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top