KOLAKA UTARA

83 Orang Kelompok Nelayan Dapat Bantuan 1,6 Milyar

Bupati Kolaka Utara Drs Nurrahman Umar menyerahkan SK penerima bantuan Hibah dan kartu Kusuka pada nelayan di Kolaka Utara

KOLAKAPOS, Lasusua — Sebanyak 83 Orang kelompok Nelayan di Kolaka Utara mendapatkan Bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara dengan total anggaran 1,6 Milyar,selain penyerahan bantuan,Pemda Kolaka Utara juga menyerahkan program asuransi/Kartu Usaha Pelaku Perikanan (Kusuka) sebanyak 225 Kartu.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan Hibah/sosial perahu nelayan dan kartu Kusuka yang digelar di Lantai III Gedung Bpati Kolaka Utara pada Senin (9/12),yang diserahkan langsung oleh Bupati Kolaka Utara.

Diungkapkan kepala Dinas Perikanan Kabupeten Kolaka Utara, Muhlis Usman bahwa bantuan hibah tahun anggaran 2019 keselurahan berjumlah Rp.1.606.692.700 dengan pembagian sebnayak 83 kelompok nelayan, pelaku usaha perikanan danpembudidaya ikan se-Kabupaten Kolaka Utara.

“Untuk Program asuransi Kartu Kusuka kementerian Kelautan dan Perikanan ini bekerja sama dengan pelayanan asuransi Jasindo dan Bank Negara Indonesia, sebelumnya di usulkan sebanyak 1000 orang dan tercover sebanyak 225 orang,”katanya.

Sementara itu dikatakan Bupati Kolaka Utara,bahwa yang menerima bantuan adalah orang-orang terpilih, diapun berharap bahwa yang mendapatkan bantuan bisa memperlihatkan Kualitas dan kinerjanya, dengan memanfaatkan fasilitas yang didapatkan.

“Saya berharap bantuan ini bisa dijaga dan dirawat,karena kita akan memantau dan mengawasi,jika penerima bantuan tidak bisa menjaga yah kedepannnya kita tidak akan perhatikan lagi,contoh beberapa tahunlalu di kasi puka ternyata dia gunakan hanya untuk pagar ayam atau itik,padahal masih banyak masyarakat yang meniginkan bantuan, kalau memang tidak bisa digunakan lebih baik dilaporkan untuk dikembalikan,nanti kami berikan kepada yang membutuhkan,”katanya.

Diapun berharap para penerima bantuan bisa memanfaatkan sebaik mungkin bantuan tersebut, dan tidak mengutamakan ego, pasalnya bantuan tersebut untuk kelompok dan bisa untuk berbagi penggunaanya.”Tapi penggunaanya harus sebaik-baiknya jangan asal tanpa ada perhatian,karena banaya masyarakat dapat bantuan karena egonya tidak mau meminjamkan kepada tetangga dan masyarakat lain, kalau bisa digunakan secara maksimalsecara sosial ekonomi,”tandasnya.

Delapan Kelompok penerima bantuan Perahu kayu lengkap dengan Mesin, Gil Net dan Fish Finder,5 kelompok Penerima bantuan Perahu Fiber lengkap dengan Mesin, Gil Net dan Fish Finder, 12 Kelompok penerima bantuan Gil net 2 Inchi,2 kelompok penerima bantuan Pukat joang,5 kelompok penerima bantuan Fish Finder, 4 kelompok Penerimabantuan cool box, 1 kelompok penerima bantuan Pelampung, 1kelompok penerima alat menyelam, 1 kelompok penerima bantuan rumpon dan 8 penerima bantuan pancing rawai.(Cr2/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top