BERITA UTAMA

USN Sosialisasikan Pelaksanaan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2020

USN Kolaka menggelar sosialisasi dan promosi pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2020, di Auditorium USN, Selasa (10/12). FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar sosialisasi dan promosi pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN)
tahun 2020, di Auditorium USN, Selasa (10/12). Sosialisasi yang melibatkan puluhan kepala sekolah dan operator Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SMA/MA/SMK di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) itu dibuka oleh Rektor USN, Azhari.

Rektor USN, Azhari mengatakan melalui sosialisasi itu para kepala sekolah diharapkan nantinya dapat membantu siswa-siswinya untuk mendaftar di perguruan tinggi dengan registrasi akun melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Khusus bagi siswa-siswi yang kurang mampu secara finansial (keuangan), yatim dan atau piatu agar dibantu untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi saat proses pendaftaran.

Azhari mengatakan USN terus berupaya agar mendapatkan penambahan kuota bidikmisi setiap tahunnya. Sehingga, anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. “Saya ingin sekolah itu membantu siswanya, sehingga tidak ada lagi anak-anak di Kolaka, Kolaka Timur, dan kabupaten lainnya yang tidak mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi. Jangan ada yang tidak kuliah, hanya karena miskin,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik USN, Prof Ruslin Hadanu yang bertindak sebagai narasumber mengatakan, dilaksanakannya sosialisasi agar para kepala sekolah dan operator PDSS mengetahui ketentuan umum, persyaratan, dan tata cara pendaftaran untuk selanjutnya membantu siswa-siswi di sekolah dalam melakukan registrasi SNMPTN dan UTBK SBMPTN. “Bagi sekolah-sekolah yang belum paham dan mengerti cara mengisi data di akun LTMPT melalui laman ltmpt.ac.id, dengan mendatangi USN agar dibantu melakukan registrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kolaka, Ansani mengatakan menanggapi permintaan rektor tersebut, pihaknya sebisa mungkin membantu siswa agar bisa mendapatkan bidikmisi. Apalagi dengan semakin banyaknya kuota bidikmisi yang tersedia di USN membuka peluang bagi siswa untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top