BERITA UTAMA

Dispar Kolaka Siap Kembangkan Dua Obyek Wisata Bertaraf Internasional

Suasana presentasi seminar akhir master plan pembangun dua objek wisata di Kolaka. Foto : Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Keseriusan Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kolaka dalam menggarap objek wisata kian dibuktikan. Dengan cara pembenahan hingga perbaikan fasilitas di objek wisata terus dilakukan, bahkan tak tanggung-tanggung Dispar Kolaka telah membuat master plan dua obyek wisata yang ada diwilayah kabupaten Kolaka untuk dijadikan destinasi wisata yang bertaraf internasional.

Hal ini terlihat saat Dispar menggandeng konsultan dari Makkasar saat memaparkan presentasi seminar akhir master plan pembangun dua objek wisata di Kolaka yaitu Taman Wisata Alam (TMA) Mangolo atau lebih dikenal sebagai Bumi Perkemahan Kea-Kea yang berada dikelurahan Mangolo dan Tanjung Kayu Angin yang berada di Desa Sani-Sani Kecamatan Samaturu akan di revitalisasi menjadi objek wisata unggulan kabupaten Kolaka.

Rencana pengembangan dua objek wisata itu dipaparkan oleh PT. Teknik Eksata sebagai Perencana dan Devoloper di salah satu hotel di Kolaka,Rabu (11/12).

Tenaga Ahli Perancangan Arsitektur PT Teknik Eksata Makkasar Abdul Syukur, mengatakan tujuan dari presentasi tersebut adalah mengidentifikasi potensi yang bisa dikembangkan di dua objek wisata tersebut dengan melakukan kajian teknis seperti survei demografis atau geologis.

“Master plan kita rencanakan mengembangkan dua objek wisata yang unggul di kolaka yaitu permandian air panas yang di Mangolo dan Tanjung Kayu Angin, nantinya di kedua objek wisata ini kita akan bangun spot-spot contohnya untuk di Kayu Angin seperti resort di atas air, dan banyak fasilitas hiburan lain,” katanya.

Selain itu, kata Syukur untuk Permandian Air Panas Mangolo direncanakan akan di bangun kolam khusus permandian air panas dan juga kolam permandian air dingin. Tak hanya itu akan ada menara khusus untuk pecinta olah raga flying fox. Sementara itu Tanjung Kayu Angin akan fokus kepada wahana air.

“Yang biasanya atraksi pantai saja, kita kembangkan misalnya untuk melihat sunrise, wisata olah raga air, jet ski, banana boat, danau juga untuk hiburan wahana air,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kolaka, H Zulkarnain mengharapkan dengan dikembangkannya objek wisata ini akan mendulang pundi pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemda Kolaka kedepan. Terlebih lagi pengembangan dua objek wisata ini kedepan dapat menggaet wisatawan lokal maupun luar kota

“Target PAD kita tahun lalu 200 juta kita harapkan dengan dikembangkan dua objek wisata ini target ini dapat terpenuhi bahkan melebihi target,” singkatnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top