KOTA KENDARI

Wagub Sebut USN Kampus Kebanggaan Sultra

Wagub Sultra, Lukman Abunawas (kiri) bersama Rektor USN Kolaka Azhari, usai menghadiri prosesi Wisuda VIII USN Kolaka di salah satu hotel di Kolaka, Senin (16/12). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka – Pemprov Sultra siap menggelontorkan bantuan untuk Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka. Bantuan yang dimaksud berupa alokasi pendanaan beasiswa, serta dukungan pada setiap upaya peningkatan kapasitas kampus. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas saat membawakan orasi ilmiah pada gelaran Wisuda VIII USN Kolaka, di salah satu hotel di Kolaka, Senin (16/12).

Pada kesempatan itu, Lukman Abunawas berkali-kali menyatakan dukungan Pemprov atas semua upaya rektor dan civitas USN menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kabupaten Kolaka. “Pak gubernur dan saya selaku pemerintah provinsi Sultra menyatakan dukungan pada setiap upaya peningkatan kapasitas USN. Karena USN bukan saja merupakan kebanggan orang Kolaka tapi juga masyarakat Sultra pada umumnya,” katanya.

Terkait alokasi pendanaan beasiswa, mantan Sekda Pemprov Sultra itu memastikan anggaran akan selalu siap jika pihak USN menyodorkan permohonan bantuan ke Pemprov. “Ingat, pendidikan tinggi bukan hanya urusan atau tanggung jawab pemerintah pusat. Kita daerah juga punya kewajiban untuk bersama-sama memajukan kampus ini. Kita tunggu permintaan dari USN. Karena ini sejalan dengan program prioritas kami, Sultra Cerdas,” tuturnya.

Lukman juga berpesan kepada para alumni USN agar betul-betul mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah. “Selamat diwisuda. Saya berharap para alumni USN ini bisa betul-betul mengaplikasikan ilmunya,” ujarnya.

Pada gelaran wisuda gelombang kedua tahun 2019 itu, USN kembali menelorkan alumni sebanyak 641 orang. Dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 140 orang, Fakultas Pertanian 65 orang, Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) 94 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sejumlah 61 orang, Fakultas Hukum 99 orang, dan 182 orang dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Di antara wisudawan dan wisudawati itu terdapat delapan orang yang meraih lulusan terbaik. Mereka adalah Ni Putu Rinawati (Fakultas Hukum), Dernianti (Fakultas Pertanian), Yayan Indrayana (FKIP), Hasfidan (Fakultas Petanian), Suardi Sudirman (Fakultas Pertanian), Bambang Asmono (Fakultas Pertanian), Samsir (Fakultas FISIP), dan Baharuddin (FTI).

Rektor USN Azhari berharap, para alumni yang dihasilkan USN Kolaka bisa berkarya di wilayah profesional masing-masing, baik di wilayah birokrasi pemerintahan, politik, institusi pendidikan, industri/korporasi, atau bekerja mandiri. “Selamat ya, pergunakan ilmu yang kalian dapat dengan sebaik-baiknya,” pesannya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top