KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Dapat Bantuan Pembangunan Lima Sekolah Dari Kementerian PUPR

Sekda Konsel Ir. Sjarif Sajjang saat menerima bantuan pembangunan 5 sekolah yang diserahkan oleh Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sultra Mustaba. FOTO: Sapruddin Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel), mendapat bantuan pembangunan lima Unit Tingkat Sekolah Dasar, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen – PUPR) yang tersebar dibeberapa Kecamatan, Jumat (20/12).

Bantuan tersebut mencakup penyediaan sarana dan prasarana, meliputi pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), Kantor, Perpustakaan, perbaikan halaman dan pagar sekolah, dengan nilai anggaran yang digelontorkan sebesar Rp. 11.8 Milyar.

Hal itu diungkapkan oleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, H. Sjarif Sajang didampingi Kadis Dikbud, H. Saifuddin dan Kabag Humas Setda Konsel, Gunawan Syah, saat menghadiri serah terima pengelolaan dan pemanfaatan 5 sekolah, bantuan dari Kemen – PUPR. Yang diserahkan oleh Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sultra, Mustaba, kepada Sekda Konsel.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sultra Mustaba mengatakan, bahwa Pemda Konsel mendapat bantuan sebanyak 5 Unit Sekolah, yang merupakan bagian dari program kerja Kemen – PUPR. Dimana, penetapan sekolah yang akan mendapatkan bantuan, berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, yang hasilnya diserahkan ke Kemen-PUPR melalui BPPW Sultra untuk dilakukan Pembangunan.

Ia berpesan agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik, agar kedepan bisa diberikan bantuan lagi. “Karena dari data yang kami terima dan verifikasi, masih ada sekitar 26 sekolah di Konsel yang layak untuk dibantu,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, Sekda Konsel, Sjarif Sajang, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemen – PUPR yang telah memberikan bantuan kepada 5 sekolah, yang kondisinya kurang baik dan memang butuh perhatian pemerintah.

“Bantuan pembangunan ini sangat membantu Pemda Konsel, karena dari sisi anggaran APBD kita, masih belum dapat menjangkau pembangunan seluruh sekolah yang kondisinya belum baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ia berpesan Kepada Disdikbud, Pemerintah Kecamatan dan Desa agar menjaga dan memelihara bantuan tersebut, dan dimanfaatkan dengan baik serta bertanggung jawab.

“Mari jaga bersama bantuan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita, sembari berharap ini bukan bantuan yang pertama dan terakhir, karena Konsel masih sangat membutuhkan bantuan seperti ini lagi,” tandasnya.

Adapun 5 Sekolah yang dibangun dan diserahkan pengelolaannya oleh Kementrian PUPR kepada Pemda Konsel, yakni SDN 3 Basala, SDN 5 Palangga, SDN 8 Palangga Selatan, SDN 15 Lalembuu dan SDN Satu Atap 14 Lainea. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top