BERITA UTAMA

Pemkab Kolaka Perkuat Dewan Adat Kerajaaan Mekongga

Dinas Dikbud Kolaka saat menggelar musyawarah sosialisasi dewan adat kerajaan Mekongga (Ist).

KOLAKAPOS, Kolaka — Keseriusan Pemda Kolaka dalam menjunjung tinggi budaya suku Mekongga terus diwujudkan. Hal ini terlihat saat Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kolaka mengelar musyawarah bersama dewan adat kerajaan Mekongga. Kegiatan yang digelar disalah satu hotel yang ada diwilayah kabupaten Kolaka itu, berlangsung selama dua hari itu 20-21 Desember dengan tema “Kita wujudkan pemajuan kebudayaan Mekongga menuju Kabupaten Kolaka yang semakin maju berkeadilan dan Sejatra” diikuti puluhan pengurus adat Mekongga se-kabupaten Kolaka. Dan dihadiri oleh Raja (Bokeo) Mekongga H Khaerun Dachlan serta Kadis Dikbud Kolaka H Salamansyah.

Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan Kolaka Munaser Arifin Latambaga mengatakan, kegiatan musyawarah atau sosialisasi dewan adat kerajaan Mekongga merupakan agenda dari program Dinas Dikbud Kolaka untuk melakukan pertemuan kepada pengurus dewan adat kerjaan Mekongga untuk membahas program dewan adat kedepannya, agar semakin baik lagi.

“Kami melihat dewan adat saat ini belum berjalan dengan maksimal sehingga kita siapkan dana untuk melaksanakan musyawarah dan Alhamdulillah hari ini sudah terlaksana dengan baik dan lancar,” ungkapnya saat ditemui media ini, Sabtu (21/12).

Apalagi, kata mantan camat Wundulako ini, Pemda Kolaka telah mengeluarkan peraturan daerah (Perda) nomor 11 tahun 2016 tentang pemberdayaan majelis adat Mekongga. “Bapak Bupati H Ahmad Safei sangat mendukung dewan adat ini, sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan musyawarah ini dengan sebaik-baiknya. Dan tujuan musyawarah atau sosialisasi ini agar kedepannya kepengurusan dewan adat Mekongga ini semakin aktif seperti apa yang kita harapkan,” jelasnya.

Olehnya itu, Munaser berharap agar melalui wadah dewan adat ini, budaya Mekongga semakin dikenal disemua lapisan masyarakat. Dan semua masyarakat Kolaka tidak hanya suku Mekongga akan tetapi semua suku yang ada diwilayah kabupaten Kolaka terus bersatu dan selalu bersinerji dengan pemerintah. “Harapan kami selaku pemerintah mari kita bersatu kompak khususnya masyarakat Kabupaten Kolaka untuk bersatu padu mengangkat budaya ini agar lebih dikenal. Dan kami juga akan upayakan agar museum Mekongga bisa kita bangun,” harapnya.

Sementara itu, salah satu anggota dewan adat Mekongga Halim Fattah berharap Pemda Kolaka bisa membangun museum Mekongga agar semua peninggalan kebudayaan Mekongga dapat ditampilkan melalui museum agar masyarakat Kolaka dan sekitarnya dapat mengetahui lebih dalam terkait peninggalan kebudayaan suku Mekongga. “Kami hanya bisa berharap ditahun depan bapak Bupati sudah bisa membangun museum,” pintanya. (K9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top