KONAWE SELATAN

Pinang Jadi Maskot KPU Konsel untuk Pilkada 2020

KPU Konsel bersama Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat menekan sirine peluncuran maskot KPU Konsel untuk Pilkada 2020. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) resmi memperkenalkan Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel tahun 2020, bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Konda, Sabtu (21/12).

Maskot tersebut adalah manusia berkepala inea (Pinang) memegang pensil dan kertas coblos, dimana inea merupakan buah yang digunakan suku Tolaki dalam perlengkapan adat Kalosara, yang memiliki nilai sosial sebagai bentuk persahabatan (mombowuleako) yang memiliki makna kedamaian, kekerabatan dan sebagai simbol pemersatu masyarakat.

Inea juga merupakan singkatan/akronim dari tagline “KPU Melayani”, dimana penyelenggara dalam melaksanakan Pilkada Konsel senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, netralitas, efektivitas dan akuntabilitas.
Acara peluncuran dihadiri Bupati Konsel, H. Surunuddin dangga, Wabup, H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah, H. Sjarif Sajang, Anggota KPU Pusat Divisi SDM, Ilham Sahputra, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, Ketua KPU Konsel, Aliudin, dan Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir.

Launching Maskot dan Jingle ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati, Wabup, Sekda, Ketua KPU Sultra dan Konsel serta Ketua DPRD secara bersama-sama.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dikesempatan tersebut menyampaikan selamat datang kepada Komisioner KPU Pusat di bumi Konsel, dan selaku Pimpinan Daerah pihaknya menyatakan komitmennya untuk bekerjasama dengan pihak penyelenggara, dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Konsel.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menyambut gembira pesta demokrasi ini, dengan turut mengawal kegiatan pemilihan dan mempercayakan seluruh prosesnya kepada penyelenggara dan secara bersama-sama mendorong masyarakat menyalurkan hak pilihnya, sehingga tercipta Pemilukada yang sehat, aman dan damai dan dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas dalam kebersamaan serta semangat persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, Ketua KPU Konsel, Aliuddin dan Komisioner KPU Pusat, Ilham Sahputra menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda dan DPRD Konsel yang telah meneken Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), untuk anggaran Pilkada 2020 pertanggal 1 Desember 2019 lalu, dengan harapan partisipasi pemilih makin meningkat dan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan tertib.

“Kami berterima kasih kepada Bupati dan DPRD Konsel yang telah menyetujui penganggaran seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada sebesar Rp45 miliar, yang akan kami pantau dan awasi ketat penggunaannya sesuai mekanisme dan aturan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Ilham.

Pihaknya juga meminta dukungan seluruh elemen masyarakat Konsel, untuk memastikan peyelenggaraan Pilkada dapat berlangsung sukses, aman dan kondusif tanpa terjadi konflik.

“Pilkada hanya memfasilitasi pemilihan pemimpin, jadi jangan hanya beda pilihan putus tali silahturahmi dan dapat merenggangkan persaudaraan,” tukasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top