KONAWE SELATAN

Pasar Margacinta Diharapkan Mendorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Peresmian pasar Margacinta diawali pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, didampingi Kadisperindag, Sitti Chadijah dan disaksikan Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, meresmikan pasar Desa Margacinta, Kecamatan Moramo, yang pembangunannya bukan semata-mata untuk meningkatkan Pajak Asli Daerah (PAD), namun untuk mendorong pengembangan ekonomi masyarakat Desa setempat dan sekitarnya, Jumat (3/1).

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengatakan, Desa Margacinta merupakan salah satu Desa yang ditetapkan sebagai pusat pertumbuhan di Kecamatan Moramo, yang memiliki berbagai potensi unggulan, yang akan dikembangkan Pemerintah Daerah (Pemda) dibawah kepemimpinannya.

“Dengan merevitalisasi pasar rakyat ini, ditambah pengaspalan jalan masuk, diharapkan terjadi kelancaran arus lalu lintas manusia dan barang, sehingga tidak ada alasan warga tidak datang bertransaksi, yang tentu berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Surunuddin.

Surunuddin juga berharap, agar pengelolaan pasar bisa diambil alih oleh BumDes, termasuk mengatur parkiran dengan memungut retribusi, namun terlebih dahulu menerbitkan Perdesnya, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

“Kita inginkan pasar dan sarana pendukung lainnya dikelola BumDes, dengan memberdayakan remaja setempat, sehingga mereka memiliki penghasilan sendiri, juga bagian dari mengurangi angka pengangguran, namun selama setahun kedepan retribusi pasar jenis apapun ditiadakan,” tuturnya.

Revitalisasi Pasar dan pembangunan sarana lainnya, tambahnya, juga merupakan salah satu ciri dan upaya dalam mewujudkan Desa Maju, dengan prinsip memberikan kemudahan akses pada semua lini.

“Kita berharap, bangunan Pasar ini bisa dijaga dan dirawat, ibaratnya milik sendiri, dan semoga bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Desa Margacinta, H. Nurrahman, menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada Bupati, atas perhatian lebih ke Desanya, yakni dengan adanya pembangunan pasar, jembatan dan pengaspalan jalan, serta bantuan lainnya.

Untuk diketahui, Pasar Rakyat yang diresmikan Bupati merupakan Pasar type D, yang berukuran 32 meterx16,5 meter dengan anggaran Rp4 miliar, dari dana perbantuan Kementerian Perdagangan RI, yang memiliki 9 kios dan 96 meja lods, Musholah, ruang tera, toilet terpisah pria dan wanita, serta ruang menyusui.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin yang juga turut didampingi Kadisperindag, Sitti Chadijah dan disaksikan ratusan masyarakat setempat yang memadati kegiatan.
Turut dihadiri, Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekda H. Sjarif Sajang, Camat Moramo, Benhur Karim dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top