KONAWE SELATAN

Pembangunan Desa Wisata Namu Diawasi Bupati Konsel

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama rombongan, saat meninjau progres pembangunan Desa wisata Namu

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga didampingi Wakilnya H. Arsalim Arifin, meninjau progres pembangunan Desa wisata Namu, Kecamatan Laonti, Jumat (3/1). Untuk membangun sarana dan prasarananya, Pemkab Konsel, menggelontorkan anggaran sekitar Rp8 miliar.

Untuk memastikan semua berjalan lancar, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, langsung meninjau infrastruktur yang saat ini telah rampung pembangunannya, yakni papan informasi dan petunjuk arah, taman, hikers, penyediaan sumber air bersih dan toilet komunal, dermaga dan tambatan perahu, lapak UMKM (cinderamata) permanen, serta mushollah.

Termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), akses jalan sepanjang Desa dengan rabat beton dan pembangunan jembatan antar Dusun, hingga jalan setapak ke puncak air terjun Pitu Ndengga, serta pembuatan dua rumah singgah menuju air terjun dan toilet umum.

Usai meninjau lokasi, Surunuddin langsung memimpin rapat bersama aparatur Desa se-Kecamatan Laonti di pesisir pantai, yang juga dihadiri para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

“Tujuan kunjungan kami bersama rombongan, untuk memastikan progres pembangunan di lokasi ini dan akan terus kami kembangkan, dalam rangka mengeluarkan Kecamatan Laonti khususnya Desa Namu dari ketertinggalan menuju Desa Maju berbasis wisata,” ujar Surunuddin dalam sambutannya.

Ini merupakan kunjungan kerja pertama Bupati, diawal Tahun 2020, lanjutnya, sebagai bukti kepedulian dalam merubah wilayah ini menjadi produktif dan dapat mensejahterahkan. Yang tentunya harus bersama-sama bekerja dan mendukung keseluruhan program pembangunan yang sedang digalakkan Pemda. “Ada banyak hal yang akan kita lakukan, dalam membangun Namu, seperti pelebaran dan peningkatan kondisi jalan menuju air terjun, yang akan diturunkan ketinggian bukit dan mengurangi kelokan jalan, sehingga mudah dijangkau dengan waktu yang cepat,” tuturnya.

Juga sambung dia, pembangunan villa dan penyediaan jaringan telekomunikasi, yang saat ini sedang dibangun bekerjasama dengan salah satu provider nasional. Termasuk seluruh Desa yang ada di Laonti akan didorong pembangunannya sesuai karaterisitik, letak geografis dan unggulan masing-masing. “Konsep Desa Wisata bukan semata-mata hanya berbicara tentang kepariwisataan dan keindahan, tetapi mencakup pemenuhan bidang Pendidikan dan Kesehatan dan bidang lainnya, kesemua itu jadi perhatian kita, melalui perencanaan matang dan berkesinambungan dalam melaksanakan pembangunan, yang muaranya dalam rangka mewujudkan masyarakat unggul, amanah, cerdas, religius dan sejahtera,” ungkapnya.

Namun, tambah Surunuddin, dalam memajukan setiap wilayah, semua harus sepemikiran, dengan prinsip konsep Desa maju bukan hanya jargon, sejalan dengan perbaikan seluruh asfek, baik administrasi, keuangan maupun pembangunan infrastrukrur dan SDM masyarakatnya. Didukung seluruh elemen masyarakat, agar Desa Maju Konsel Hebat dapat terwujud sesuai apa yang diharapkan. “Laonti merupakan harapan Konsel kedepan, karena memiliki potensi areal perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan, kepariwisataan serta lainnya, yang perlu kita sadari untuk memanfaatkan potensi tersebut dengan baik,” tukasnya.

Kunjungan tersebut, juga didampingi Sekda Konsel, H. Sjarif Sajang dan Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top