BERITA UTAMA

MTQ Kolaka Diseting Milenial

Kabag Kesra Kolaka Hj Andi Wahidah, S. Pd, MM saat memimpin rapat persiapan menyambut MTQ tingkat kabupaten Kolaka ke-45. Foto : Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat kabupaten Kolaka akan dilaksanakan pada tanggal 13 Februari mendatang. Kegiatan yang bakal mengusung tema “Milenial Dalam Kaligrafi” akan dipusatkan dikecamatan Polinggona dan akan dikemas berbeda dari pelaksanaan MTQ sebelumnya. Hal ini disampaikan Kabag Kesra Kolaka Hj Andi Wahidah saat ditemui media ini usai memimpin rapat perdana persiapan menyambut MTQ tingkat kabupaten Kolaka diaula rapat SMS Berjaya kantor Pemda Kolaka, Senin, (6/1).

“Melalui kegiatan MTQ nanti sebenarnya sama saja hanya ada beberapa saja yang kita akan kemas berbeda dari sebelumnya karena nantinya panitia akan menyiapkan spot foto disetiap cabang yang diperlombakan. Hal ini kita lakukan sesuai tema yang akan kita usung yakni Milenial Dalam Kaligrafi. Sehingga nantinya para kaum millennial maupun masyarakat yang ingin melihat langsung kemeriahan MTQ bisa berspot foto, tidak hanya sekedar menonton sehingga nuansanya akan berbeda dari MTQ sebelumnya,” ungkapnya.

Adapun persiapan yang telah dilakukan dalam menyambut iven dua tahun tersebut, kata Hj Andi Wahidah pihaknya mulai melakukan berbagai macam persiapan agar pada saat pelaksanaannya bisa maksimal.

“Pesiapan kami telah mancapai 50 persen dan kami telah rapatkan bersama empat unsur yakni dari pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, Kemenag, dan LPTQ. kita sudah rapatkan dan membahas semua hal terkait persiapan mulai dari sekretariat terkiat pendaftaran, kemudian persiapan lomba-lomba yang akan dipertandingkan. Dan rencananya pada tanggal 13 Pebruari sampai sampai tanggal 24 Pebruari kita laksanakan kegiatan MTQ,” akuhnya.

Dalam kegiatan MTQ nanti lanjutnya, ada sepuluh cabang lomba yang akan dipertandingkan, namun akan ada satu lomba yang akan dikemas berbeda yakni lomba tafiz Al-Quran. semuanya telah kita bahas pada saat rapat. Dan rencananya ada sepuluh cabang lomba yang akan dipertandingkan mulai dari tafiz, kasida, kaligrafi, tadarus, termaksuk vipo atau bintang vokalis serta perlombaan lainnya.

“Kali ini ada kami buat suatu terobosan untuk lomba tafiz Al-Quran yang sebelumnya setiap kecamatan hanya satu peserta satu lomba, namun khususnya tafiz Al-Quran kita harapkan satu lomba dua peserta yang akan diutus tiap kecamatan karena kita melihat para penghapal alquran adanya Kolaka dan merupakan lumbung para tafiz makanya kita buatkan ruang untuk cabang hafiz ini. Karena kita mau liat kebaikannya. Apalagi santri penghapal alquran sekitat seribu santri,” jelasnya.

Apalagi MTQ itu merupakan syiar dakwah yang kita kemas dalam bentuk kegitan ini sehingga bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat kabupaten Kolaka. Sehingga dalam MTQ nanti setiap kecamatan minimal membawa perserta 113 orang. “Intinya prestise daerah harus dibarengi dengan prestasi anak-anak kita sehingga tidak hanya namanya saja sebagai lumbung para santri akan tetapi prestasi tidak ada, makanya kita harus barengkan itu semua,” tutupnya. (K9).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!