METRO KOLAKA

Pemda Segera Benahi Drainase di Lokasi Rawan Banjir

Bupati Kolaka, Ahmad Safaei (baju putih) saat turun meninjau lokasi rawan banjir di Jalan Konggoasa, Keluarahan Lamokato, Jumat (3/1). FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Banjir yang melanda sejumlah lokasi di area perkotaan Kabupaten Kolaka baru-baru ini mendapat perhatian dari Bupati Kolaka, Ahmad Safei. Tak tanggung-tanggung orang nomor satu di Bumi Mekongga itu bahkan turun langsung melakukan peninjauan di lokasi rawan banjir di Jalan Konggoasa Kelurahan Lamokato.

Usai meninjau lokasi itu, Safei mengaku akan segera melakukan pembenahan agar musibah banjir di tempat itu dapat dicegah. “Ini merupakan kegiatan rutin guna mengantisipasi hal-hal yang kita tidak inginkan, meskipun kita tidak bisa prediksi kapan musibah akan datang minimal kehadiran pemerintah dalam mengatasi segala bentuk bencana tidak separah seperti apa yang kita pikirkan,” kata Safei saat ditemui di Jalan Konggoasa, Jumat (3/1).

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan drainase, agar ketika hujan turun saluran air di lokasi tersebut bisa berfungsi dengan baik. “Untuk kabupaten Kolaka saat ini yang kita lagi fokus benahi di dalam kota, karena kondisinya memang mengkhawatirkan. Apalagi letak geografis wilayah kita itu dekat dengan gunung dan laut. Jadi yang kita khawatirkan jika terjadi bersamaan hujan keras kemudian pasang air laut itu yang kita khawatirkan dan itu kita tidak bisa hindari. Makanya kita akan segera benahi,” ujarnya.

“Yang jelasnya akan ada solusinya mudah-mudahan tahun ini banjirnya tidak separah seperti sebelum-sebelumnya. Dan kita juga akan buat jalur baru untuk mengendalikan genangan air. Yang jelasnya anggarannya kita akan siapkan,” tambahnya.

Bupati dua periode itu juga menghimbau agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam mencegah terjadinya banjir dengan proaktif menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita himbau juga kepada seluruh masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, karena jika terjadi bencana pasti masyarakat yang akan kena dampaknya. Kita berharap partisipasinya supaya ada signeritas dalam melakukan pencegahan jangan hanya pemerintah saja akan tetapi semua masyarakat harus ikut terlibat,” tandasnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top