METRO KOLAKA

SMPN 1 Kolaka Fokus Pembinaan Karakter Siswa

Kepala SMPN 1 Kolaka, Dakir Torang
KOLAKAPOS, Kolaka — Baru tiga bulan menjabat sebagai kepala SMPN 1 Kolaka, Dakir Torang terus berbenah demi kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Bahkan di kepemimpinannya yang belum genap seratus hari, siswanya telah mampu mengukir sejumlah prestasi yang membanggakan dengan memenangkan berbagai lomba.
“Alhamdulillah sejak saya dipercayakan untuk menjadi sepala sekolah di sini sudah banyak yang kami benahi, mulai dari penataan ruang kelas dan juga halaman sekolah. Siswa kami juga berhasil juara satu pada lomba matematika yang digelar USN Kolaka, kemudain kita juga juara satu lomba menari. Kita juga targetkan pada Olimpiade Sains ke depannya kita bisa raih juara. Kami juga akan mengikuti setiap event kegiatan guna menambah pengalaman siswa,” ungkapnya, Senin (6/1).
Saat ini juga kata Dakir, pihaknya fokus melakukan pembinaan karakter siswa dan juga pembenahan semua fasilitas sekolah. Hal ini dilakukan agar siswa semakin nyaman dan juga semakin beretika baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat. “Kami fokus pembenaan karakter siswa, karena karakter siswa merupakan salah satu ukuran pendidikan siswa itu sendiri, apalagi anak-anak disini berada di lingkungan kota,” akuhnya.
Selain itu, untuk meningkatkan kualitas guru, pihak sekolah juga terus mengadakan pelatihan untuk peningkatan profesionalisme guru. “Selain itu sarana dan prasarananya kita akan benahi yang sudah bagus kita pertahankan dan sekarang sudah mulai terlihat. Saya harapkan sekolah ini bisa menjadi taman siswa dimana siswa akan merasa nyaman dan betah saat berada disekolah. Olehnya itu, kita terus benahi mulai sarana olahraga berupa lapangan voli dan basketnya serta tenes meja,” terangnya.
Kata mantan Kepala SMPN 1 Latambaga itu, taman siswa merupakan konsep dari tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara. Dimana siswa diajarkan belajar sambil bermain, sehingga siswa akan merasa nyaman saat berada disekolah. “Jadi konsep taman siswa itu merupakan taman dimana siswa bermain sehingga bisa nyaman saat menempuh pendidikan. Jadi di sekolah ini siswa bisa ikut bermain karena kita telah siapkan berbagai fasilitas olahraga. Dan warna kelasnya juga kita telah ubah sesuai dengan kelasnya jadi berbeda-beda warnanya setiap kelas, jadi sekolah ini penuh warna,” tandasnya. (k9)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top