METRO KOLAKA

Bupati Koltim Lantik Kades Wesalo

KOLAKAPOS, Tirawuta  — Bupati Kolaka Timur (Koltim) H Tony Herbiansyah, melantik Kepala Desa (Kades) hasil pemilihan antar waktu Wesalo Kecamatan Lalolae masa jabatan 2017 – 2023, serta penyerahan SK pelaksana tugas Kades Woiiha Kecamatan Tirawuta bertempat di Kantor Kecamatan Lalolae, Selasa (07/01).

Adapun Kades terpilih Wesalo berdasarkan pemilihan antar waktu yakni Edison (40) tahun serta PLT Kades Woiha Rendy Eka Prasetiyo, yang menggatikan kades sebelumnya yang saat ini sedang menjalani proses hukum.

Tony Herbiansyah dalam sambutanya mengatakan, pelaksanaan pelantikan Kades ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 22, Peraturan Bupati nomor 25 / 2016 bahwa pelantikan kades terpilih dapat di laksanakan di hadapan masyarakat.” Kades baru saya harapkan bekerja dengan baik utamanya tata kelola Pemerintahan serta tata kelola keuangan Desa,” kata Tony.

Menurut Bupati kalah menang itulah realitas demokrasi, jangan ada dendam hubungan siraturahmi tetap terjalin sehingga tercipta persatuan.

“Kami menginstrusikan kepada Kades agar sifat semena – mena melakukan pergantian perangkat Desa, harus sesuai proses. “Olehnya itu saya perintahkan kepada Inspektorat DPMD serta Camat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan”, ujarnya.

Selain itu, Bupati mengingatkan banyak Kades yang sering meninggalkan tugas keluar daerah untuk kepentingan bisnis, sedangkan masyarakat memerlukan pelayanan.

Usai pelantikan Kades saat di wawancara awak Media terkait dasar pergantian Kades Woiha Tony mengatakan, ini sudah sesuai undang – undang Desa, ada Perdanya serta Peraturan Bupati tapi yang jelas paling mendasar UU Desa.

Hal yang sama juga dilontarkan kades Wesalo Edison, usai dilantik. Ia menyampaikan, selaku kades terpilih ia akan bekerja sesuai peraturan desa, dan akan kembali merangkul warga desa wesalo. Tidak ada lagi kelompok kelompok tertentu. ” Saya menghimbau semua masyarakat desa Wesalo mari kita bangun desa kita, “ungkapnya.

Terkait dukung mendukung kata Tony Kades terplih bisa mengakrabkan kembali para kandidat yang kalah baik pendukungnya, karena pemilihan kemarin khan beda tipis,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) DPMD Koltim Hanaruddin mengungkapkan, pelantikan terhadap Edison hari ini merupakan hasil pemilihan antar waktu, selain pelantikan kades Devinitip wesalo, sekaligus penyerahan SK Plt Kades Woiha yang saat ini kades Woiha lagi menjalani proses hukum, imbuhnya.

Hanaruddin juga mengungkapkan, agar kades baru dapat melaksanakan tugasnya khususnya dalam pemamfaatan Dana Desa (DD), apalagi di DPMD kami sudah menelorkan 9 Peraturan Bupati semuanya sudah mencakup terkait tata cara pembagian DD, terkait badan Permusyawaratan Desa, dan ini sangat erat kaitanya dengan tugas baru bagi kades yang di lantik.

Di tempat yang sama Kades terpilih Wesalo Edison saat di temui menuturkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan amanah kepada saya, dan saya berupaya agar wesalo kedepanya lebih baik. “Begitupun dengan penggunaan DD kami akan tetap konsisten pada pembangunan di masyarakat, serta paling utama transparan,” ucapnya.

Hadir dalam pelantikan kades dihadiri, Ketua TP PKK Koltim surya Adelina ,Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir, wakil Ketua DPRD Hj Rahmatia Lukman, Kadis DPMD, asisten 1,staf ahli para OPD dan TNI/Polri.(M2/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top