BERITA UTAMA

BPBD Kolaka : Semua Wilayah di Kabupaten Kolaka Rawan Bencana

BPBD Kolaka saat menggelar rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana kabupaten Kolaka tahun 2020 yang dilaksanakan diaula rapat SMS Berjaya kantor Pemda Kolaka. Foto: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kolaka memastikan jika seluruh wilayah yang ada di kabupaten Kolaka rawan akan bencana alam. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kolaka Dwi Dharma saat menggelar rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana kabupaten Kolaka tahun 2020 yang dilaksanakan diaula rapat SMS Berjaya kantor Pemda Kolaka. Hadir semua unsur terkait baik itu, TNI-Polri, Basarnas, Syahbandar, dan PMI Kolaka, Rabu (8/1) lalu.

Kepala BPBD Kolaka Dwi Dharma mengatakan, berdasarkan letak geografis wilayah kabupaten Kolaka memang rawan akan musibah banjir. Hal ini dikarenakan seluruh kecamatan se-kabupaten Kolaka berada diarea pesisir dan memiliki sungai besar, sehingga potensi bencana cukup besar terjadi.

“Ini kita harus pikirkan bersama agar kita
terhindar dari musibah bencana, apalagi dengan kondisi cuaca yang ekstrim saat ini,” ungkapnya.

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan kondisi cuaca dan selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG agar sejak dini kami sampaikan kepada masyarakat terkait kondisi cuaca yang akan terjadi. Sehingga akan ada kewaspadaan bagi masyarakat Kolaka.

“Kami juga selalu sampaikan kepada masyarakat terkait kondisi cuaca karena kami selalui melakukan koordinasi dengan BMKG,” katanya.

Selain itu, pihaknya meminta kepada Syahbandar, agar pengawasan terkait penumpang diperketat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Penegasan agar pengawasan di pelabuhan diperketat karena kita tidak inginkan ada musibah karena kita lalai,” pintanya.

Dwi Dharma mengaku siap jika memang musibah yang kita tidak harapkan terjadi diwilayah kita, sehingga pihaknya telah menyiapkan semaksimal mungkin semua yang dibutuhkan jika terjadi bencana. Selain itu pihaknya juga terus melakukan koordinasi kepada semua stake holder terkait kesiapan siagaan dilapangan.

“Kami dari BPBD selalu siap jika terjadi bencana, sebab ini bukan merupakan kemauan kita, sehingga kita hanya selalu waspada kapanpun dan dimanapun. Dan harapan kami masyarakat Kolaka selalu siap dan tangguh menghadapi bencana,” tutupnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!