BERITA UTAMA

Pelayaran Kolaka-Bajoe Sudah Dibuka

Cuaca mulai normal, pelayaran Kolaka - Bajoe kembali dibuka pada Senin (13/1) pagi. Gambar ini ambil di kawasan pelabuhan saat terjadi gelombang tinggi pada Minggu (12/1). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Sempat ditutup sementara karena cuaca buruk, pelayaran feri di pelabuhan Kolaka-Bajoe sudah dibuka kembali pada Senin (15/1).

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Feri Kolaka, Syahrul mengatakan dua kapal feri yakni yang sebelumnya dilarang berlayar karena gelombang tinggi, kini telah diberangkatkan pada Senin (13/1) pagi. “Kita berangkatkan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya, karena cuaca sudah membaik. Juga karena kapal sudah penuh oleh kendaraan yang sudah ada di pelabuhan sejak kemarin,” ujarnya, Senin (13/1).

Kata Sahrul, pemberangkatan kedua kapal itu dilakukan setelah melihat kondisi perairan Teluk Bone sudah normal kembali, dengan ketinggian gelombang hanya setengah meter. Menurutnya, otoritas pelabuhan memberangkatkan kapal diluar jadwal karena faktor cuaca. “Karena apabila kapal diberangkatkan sesuai jadwal pada siang dan sore hari, takutnya terjadi cuaca buruk lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, jadwal pelayaran Kolaka-Bajoe akan kembali normal mulai hari ini (14/1), dengan tiga trip pelayaran. Trip pertama pukul 14.00 Wita, kedua pukul 17.00 Wita, dan ketiga pukul 20.00 Wita. “Kami terus mengupdate kondisi cuaca dari BMKG. Sehingga tidak bisa dipastikan bila cuaca tidak memungkinkan maka kapal diberangkatkan tidak berdasarkan jadwal. Kita lihat cuacanya, kalau memang siang dan sore cuaca tidak mendukung, sementara pagi cuaca bagus maka kita berangkatkan lebih awal dari jadwal,” pungkasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!