METRO KOLAKA

Program BPNT Diganti Jadi Sembako, Dinsos: Nilai Bantuan Naik Rp150 Perbulan

Darwis

KOLAKAPOS, Kolaka — Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) akan berganti nama menjadi Sembako mulai tahun ini. Seiring dengan itu, bantuan yang diperuntukkan bagi warga tidak mampu ini akan dinaikkan nilainya. Jika sebelumnya hanya Rp110 ribu, maka tahun ini akan menjadi Rp150 ribu perbulan perbulan. “Jadi untuk tahun ini program BPNT akan berganti nama menjadi program Sembako, sehingga pekan depan kami akan ke Jakarta melakukan sosialisasi di Kementrian Sosial terkait program ini,” kata Darwis, kemarin (13/1).

Kepala Seksi Bantuan Pengelolaan, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Dinas Sosial Kolaka ini menjelaskan, tidak akan ada perubahan dalam penyaluran kartu sembako. Kartu tersebut hanya pergantian nama dari program BPNT. “Untuk tahun ini, kami belum bisa pastikan kapan akan disalurkan, karena ada perubahan nama yang sebelumnya BPNT menjadi program Sembako,” jelasnya.

Menurutnya, jenis bantuan yang akan diberikan juga akan bertambah. Jika sebelumnya hanya beras dan telur, akan bertambah minyak goreng, gula, dan gas elpiji. “Bantuannya nanti akan banyak jenisnya sesuai kebutuhan pokok masyarakat,” ucapnya.

Saat ini, jumlah penerima bantuan tersebut mencapai 13 ribu kepala keluarga, yang ersebar di seluruh wilayah Bumi Mekongga. Namun tahun lalu, kata dia, kartu yang tersalur hanya mencapai 12.800 KK. Hal ini disebabkan karena beberapa kendala. Salah satunya karena penerima bantuan tidak mengambil kartunya saat disalurkan oleh pihak bank sampai batas waktu yang telah ditentukan.

“Tahun lalu pada bulan Desember ada 2800 kartu yang tidak disalurkan bantuanya, sehingga kartu tersebut dikembalikan untuk dilakukan evaluasi kembali dan kami sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa dan kelurahan terkait hal ini,” akuhnya.

“Selain itu, terkait e-warung sudah tidak ada kendala, sebab dari pihak bank Mandiri telah menyiapkan semua kekurangannya. Jadi Insya Allah tahun ini penyalurannya akan berjalan lancar. Kita harapkan pada saat penyaluran nanti tidak ada lagi kartu yang tidak disalurkan,” harapnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top