BERITA UTAMA

Rangkap Jabatan Jayadin Kembali Digugat

Komisi I DPRD menerima aspirasi APIK

KOLAKAPOS, Kolaka — Sejumlah massa yang mengatasnamakan diri Asosiasi Pemuda Intelektual Kolaka (APIK), mendesak Komisi I DPRD Kolaka memanggil ketua KONI Kolaka, Jayadin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Massa masih ngotot rangkap jabatan Jayadin sebagai ketua KONI dan Wakil bupati Kolaka adalah pelanggaran. Sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional. “Kami mendesak DPRD Kolaka segera melakukan RDP dengan menghadirkan Ketua Koni terpilih periode 2019-2023, beserta seluruh penyelenggara muskorkab KONI Kolaka, ” papar koordinator Aksi, Wahyu Ramadhan.

Menurut mereka, Jayadin telah melanggar berbagai aturan dengan merangkap jabatan Ketua KONI, padahal saat ini masih menjabat Wakil Bupati Kolaka. “Kami mendesak Ketua KONI terpilih untuk turn dari salah satu jabatannya karena telah disinyalir melanggar peraturan perundang-undangan dalam hal ini UU nomor 3 Tahun 2005 pasal 49 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 pasal 56 tahun 2007 tentang penyelenggaraan Keolahragaan, ” terangnya.

Ketua Komisi I DPRD Kolaka, Kaharuddin yang menerima massa menyatakan akan berusaha menyelenggarakan RDP sesuai tuntutan. Namun RDP itu ungkapnya, kemungkinan tidak akan terlaksana dalam waktu dekat. “Kita akan upayakan, namun harus bersabar dan menunggu, karena banyak agenda, dan juga disingkronkan dengan agenda Wakil bupati, ” terangnya.

Sembari itu, Komisi I akan meminta pejelasan dari KONI Sultra. “Yang pasti kita sependapat bahwa memang ini (rangkap jabatan Jayadin) melanggar aturan yang ada. Namun sekali lagi kita bukan penentu disini, untuk membatalkan SK KONI itu kan ada mekanisme, kita terganjal disitu, makanya kita akan menyurati KONI propinsi terkait hal ini,” terangnya. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!