KOLAKA UTARA

ACD Diharapkan Sukseskan Program Revitalisasi Kakao

KOLAKAPOS, Lasusua — Bupati Kolaka Utara Nurrahman Umar, resmi melantik pengurus Asosiasi Cocoa Dokter (ACD) Kolaka Utara. Pelantikan tersebut dilaksanakan disalah satu hotel di Lasusua, Selasa (14/1).
ACD adalah salah satu organisasi yang sangat aktif mendampingi petani kakao di Kolaka Utara, untuk berbagi ilmu cara bercocok tanam kakao dengan hasil panen yang melimpah.

Bupati Kolaka Utara Nurrahman Umar, tentunya sangat mengapresiasi para ACD karena ikut berpartisipasi dalam program andalan Bumi Patowonua, guna mensukseskan program revitalisasi kakao.

“Saya selaku Bupati Kolaka Utara, hari ini (kemarin, red) merasa bahagia sekaligus mengapresiasi atas inisiatif kawan-kawan yang bergelut di sektor kakao khususnya di Kolaka Utara tahun ini. Sebab, upaya ini sangat berkaitan langsung dengan program prioritas daerah, yakni revitalisasi tanaman kakao, bersama wakil bupati kami selalu menyampaikan bahwa kami ingin mengembalikan kejayaan Kolaka Utara, sebagai daerah penghasil kakao, seperti tahun 1997-1998,” katanya.

Dikatakannya bahwa, kehadiran pada cocoa doctor alumni tarengge yang tergabung dalam cocoa development center, diharapkan dapat membantu pemerintah daerah melalui pendampingan para petani di lapangan dalam hal budidaya kakao, pemangkasan, pemupukan, hingga penyortiran biji kakao sebelum dipasarkan.

“Saya menitipkan harapan bahwa ACD merupakan salah satu mata rantai kesuksesan program revitalisasi kakao Kolaka Utara. Sentuhan-sentuhan tangan di di lapangan akan membantu membangkitkan motivasi petani dalam budidaya tanaman kakao, terapkan ilmu saudara-saudara semaksimal mungkin dan koordinasi dengan para stakeholder yang bergerak di sektor kakao. Insya Allah dengan niat yang tulus bersama kita akan kembalikan kejayaan kakao di Kolaka Utara,” ujarnya.

Diapun menambahkan, sejak 2018 hingga 2020 pemerintah daerah mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui kementerian pertanian program readsi, telah menjadikan Kolaka Utara sebagai pusat pengembangan kakao dan lada serta pusat mayor project pembangunan berbasis korporasi.

“Alhamdulillah, hari ini lahir ACD, semakin membesarkan harapan saya dan para petani di Kolaka Utara untuk kesuksesan program revitalisasi kakao yang kita harapkan akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani di Kolaka Utara kedepannya,” tandasnya. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top