METRO KOLAKA

Mahasiswa PPL USN Diminta Jadi Duta Kampus di Sekolah

Sebanyak 245 mahasiswa FKIP USN Kolaka mengikuti pembekalan PPL di Auditorium USN Kolaka, Selasa (14/1). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Sebanyak 245 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Auditorium USN Kolaka, Selasa (14/1).

Rektor USN Kolaka, Azhari menghadiri kegiatan pembekalan tersebut, sekaligus melepas secara resmi mahasiswa untuk mengikuti pelaksanaan PPL selama tiga bulan di sekolah.

Katanya, dengan kegiatan ini mahasiswa bisa mematangkan diri dan belajar mengurai serta menyelesaikan masalah.

Selain itu, mahasiswa bisa menjadi perpanjangan tangan USN dalam mensosialisasikan penerimaan mahasiswa dan bidikmisi.

“Saya berharap mahasiswa bisa menjadi duta kampus, mendata siswa yang tidak mampu dan yatim piatu, biar mereka bisa daftar bidikmisi. Mengajarkan mereka cara mendaftar di bidikmisi dan masuk perguruan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik USN, Prof. Ruslin Hadanu mengatakan saat melaksanakan PPL mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama di perguruan tinggi kepada pelajar di sekolah-sekolah.

Kata dia, untuk menjadi guru profesional, mahasiswa harus memahami dan mengubah paradigma berpikirnya, menguasai materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Mereka tidak boleh tegang dan merasa tertekan berdiri di depan kelas dihadapan para siswanya.

“Sebelum berangkat mengajar, sebaiknya berdoa terlebih dahulu agar yang diajari itu bisa menerima dan memanfaatkan ilmu dengan baik dan gurunya bisa mentransfernya dengan baik pula,” ujarnya.

Dekan FKIP USN, Nur Ikhsan menuturkan 245 mahasiswa USN Kolaka akan disebar di dua kabupaten yaitu Kabupaten Kolaka yang ditempatkan di 32 sekolah, dan Kabupaten Bombana ditempatkan pada empat sekolah.

Mahasiswa nanti akan mengajar siswa kelas 10 dan kelas 11 di tingkat SMA, SMK serta kelas 7 dan 8 di tingkat SMP.

“Mahasiswa yang mengikuti PPL adalah terdiri dari jurasan Bahasa Indonesia sebanyak 78 orang, Bahasa Inggris 78 orang, Pendidikan Matematika 71 orang, dan Pendidikan Geografi 18 orang. Mereka akan melaksanakan PPL mulai 16 Januari hingga 16 Maret 2020,” rincinya.

Dalam kegiatan pembekalan tersebut, USN mengundang pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka yang diwakili oleh Kepala SMPN 1 Kolaka, Dakir Torang. Dalam meterinya, Dakir Torang memberikan mahasiswa gambaran umum menjadi seorang guru di sekolah. Sehingga, saat berada di sekolah mereka sudah bisa memposisikan diri sebagai guru.(kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!