BERITA UTAMA

2019, Samsat Kolaka Lebihi Target PAD

Kepala UPTB Samsat kabupaten Kolaka Syukur Laliasa

KOLAKAPOS, Kolaka — Animo masyarakat kabupaten Kolaka dalam membayar pajak patut diapresiasi. Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat kabupaten Kolaka mencatat tahun 2019, target pajak kendaraan melebihi target yang telah ditentukan. Dari target awal Rp37 miliar, Samsat berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp58 miliar, atau mencapai 138 persen dari target.

“Allhamdulilah tahun lalu, kita over target pajak, dari target Rp 37 Milyar mencapai 58 Milyar PAD kita,dan kami ranking kedua terbaik dari kota Kendari dalam retribusi pajak,” ungkap kepala UPTB Samsat Kolaka Syukur Laliasa saat ditemui , Kamis (16/1).

Pencapaian target pajak, kata Syukur dikarenakan antusias masyarakat Kolaka dalam membayar pajak kendaraan cukup tinggi. Itu juga karena Samsat mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak dengan membuka cabang layanan di dua titik wilayah Kolaka.

“Kami sangat apresiasi kesadaran masyarakat Kolaka yang sadar akan pajak. Dan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat wajib pajak, kami membuka dua pelayanan di wilayah terujung, apalagi wilayah dikabupaten Kolaka cukup jauh seperti di kecamatan Toari dan Wolo, jadi disana kami buka pelayanan sehingga masyarakat tidak lagi harus kesini. Kita mudahkan pelanan karena masyarakat sangat sadar dengan kewajiban pajaknya makanya kita dekatkan pelayanan,” akunya.

Tahun ini terangnya, Samsat meluncurkan program Samsat Gendong. Program ini memungkinkan Samsat untuk menjemput bola, dengan masuk kepasar-pasar melayani masyarakat khususnya para pedagang agar para pedagang tidak lagi meninggalkan usahanya hanya untuk mengurus pajak. Selain itu, ada juga program Samsat keliling yang akan jalan ke kecamatan-kecamatan. “Kami akan sosialisasikan, insya allah di bulan Maret-April sudah mulai kita laksanakan program ini,” jelasnya.

Untuk target PAD tahun ini, Syukur mengaku diberikan target Rp47 miliar dan optimis dapat mencapai bahkan akan kembali melebihi target yang ditetapkan. “Insya allah kita akan over target lagi tahun ini,” tutupnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!