BERITA UTAMA

IPA Kecamatan Pakue Diresmikan

Pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya IPA IKK kecamatan Pakue oleh bupati Kolaka Utara.

KOLAKAPOS, Lasusua — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tampanama Kolaka Utara tahun ini kembali mendapatkan bantuan Intalasi Pengolahan Air (IPA) untuk Intsalasi Kota Kecamatan (IKK) Pakue. IPA itu memiliki kapasitas 20 liter perdetik dan mampu menjangkau 2000 keluarga.

Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara Kementeraian PUPR Sahabuddin, bahwa pekerjaan pembangunan IPA di Kecamatan Pakue dilakukan sekitar lima bulan. IPA IKK tersebut unik karena tidak menggunkan pompa namun menggunakan gravitasi. “IPA kita ini tidak menggunakan pompanisasi tapi menggunakan gravitasi dari sumber sampai ke intalasi kita,” katanya.

Sementara Kepala Sarana Pemukiman Wilayah Sultra Kementerian PUPR, Mustaba mengatakan IPA yang diresmikan di Bumi Patawanua adalah yang ketiga di Sultra. IPA itu diserahkan ke Pemkab untuk dikelola yakni di kabupaten Muna, Kolaka dan Kolaka Utara. “Hari ini adalah serah terima pemanfaatan dan pengelolaan sementara, bukan serah terima aset, karena serah terima ada tiga kewenangannya yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan. Setelah selesai masa pemeliharaan Enam bulan kedepan baru kita akan proses serah terima asetnya yang akan ditandatangani pak Bupati dan Dirjen Cipta Karya,” katanya.

Bupati Kolaka Utara Nurrahman Umar menjelaskan, dengan serah terima pengolahan dan pemanfaatan dari kemnterian PUPR ke PDAM ke camatan Pakue akan menambah kapasitas penggunaan air bersih pada masyarakat. “Pembangunan instalasi pengelolaan air merupakan proyek yang sangat strategis karena air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang berdampak langsung pada kejahteraan fisik, sosial dan ekonomi masyarakat, ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan oleh manusia secara terus menerus untuk berbagai keperluan,” katanya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!