METRO KOLAKA

Kungker ke Kolaka, DPRD Sultra Tinjau Kesiapan BPBD Hadapi Bencana

KOLAKAPOS, Kolaka — Wakil ketua DPRD Propinsi Sulawesi Tenggara, Herri Asiku berharap semua pihak dapat menjalin kerjasama dalam rangka kesiapan menghadapi bencana. Hal itu diungkapkannya dalam kunjungan kerjanya di Kolaka, Kamis (16/1) .

“Kita berharap daerah kita aman dari segala bencana, namun tentu kita harus tetap bekerjasama, semua unsur, semua pihak dalam rangka kesiapan kita menghadapi bencana yang bisa saja terjadi, karena memang potensi bencana di daerah kita apalagi cuaca beberapa minggu terakhir ini ekstrem,” papar legislator Golkar ini usai bertemu dengan kepala BPBD Kolaka dan anggota DPRD Kolaka di ruang Komisi III DPRD Kolaka.

Lanjutnya, hasil kunjungannya di BPBD Kolaka, Herri mengatakan dirinya mengapresiasi BPBD Kolaka yang menunjukkan kesiapannya dalam mengahadapi bencana.

“Saya tadi terharu lihat, tim reaksi cepatnya rupanya 24 jam bertugas menjaga, siap saya lihat, hanya mungkin perlu diupdate lagi kesiapannya untuk ditingkatkan,” ungkapnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga harus memberikan dukungan penuh terhadap kesiapan menghadapi bencana. “Pemerintah harus mendukung, apalagi saya melihat ada beberapa peralatan memang masih kurang dan perlu diperbaharui,” jelasnya.

Ia menambahkan, DPRD Kabupaten juga harus memberikan dukungan dalam penganggaran kesiapan menghadapi bencana, termasuk DPRD Propinsi mengingat Kolaka juga masuk dalam kategori rawan bencana.

“Tentu DPRD harus mendukung terutama dalam penganggaran karena daerah kita ini rawan bencana, kita juga di Propinsi tentu mendukung full, hanya saja kalau di Propinsi tentu harus dimaklumi karena kita menangani 17 kabupaten kota nanti kita akan share,” katanya.

Sementara itu, ketua Komisi III DPRD Kolaka Akhdan mengatakan, komisinya memang sudah melakukan RDP dengan BPBD membahas persoalan kesiapan menangani bencana ini. “Tadi kita sudah RDP dengan BPBD, dan kita bahas kesiapan menghadapi bencana, bahkan besok kita akan turun lapangan kita akan pantau terkait adanya laporan kerusakan tanggul, akibat abrasi dan dihantam gelombang,” ungkapnya. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!