BERITA UTAMA

Februari, Pasar Baru Dawi-dawi Difungsikan

Wabup Kolaka Muh Jayadin, saat meninjau dan melakuan pembenahan dipasar baru Dawi-dawi yang akan segera digunakan pada bulan Februari mendatang. (ist)

KOLAKAPOS, Kolaka — Pasar baru Dawi-dawi yang lama terbengkalai, akan segera difungsikan. Rencananya, peresmian pasar tersebut dilaksanakan Februari.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kolaka, Andi Tendri Gau mengatakan, pemindahan pedagang dari pasar lama ke pasar baru akan segera dilakukan, sebelum hari ulang tahun (HUT) Kolaka pada Februari nanti. Bahkan wakil bupati Kolaka Muh Jayadin, ikut turun langsung melakukan pembenahan di lokasi pasar baru Dawi-dawi. “Tadi kami mulai benahi pasar baru Dawi-dawi mulai dari perbaikan sarana jalannya dan juga bangunannya kita bersihkan, karena diakhir bulan dua sudah akan diresmikan penggunaannya. Semua pedagang akan kita pemindahan ke pasar Dawi-dawi yang baru,” ungkapnya saat ditemui media ini, Jumat (17/1).

Saat ini, kata Andi Tendri, kondisi pasar baru Dawi-dawi banyak mengalami kerusakan, hal ini dikarenakan bangunan tersebut terlalu lama terbengkalai. Sehingga dalam waktu dekat ini segera kita benahi agar bisa ditempati oleh pedagang. “Pada saat kita inventarisir, masih banyak pintu-pintu lods dalam pasar yang rusak, kaca banyak yang pecah termasuk sengnya ada yang terbuka, tapi itu bukan proyek baru, tetapi pasar yang sudah beberapa tahun lalu dibangun, dan baru diserahkan ke Pemda karena pembangunannya dibiayai oleh pusat. Sedangkan pembangunan yang tahun lalu dikerjakan itu sementara dibenahi juga karena masih tahap pembenahan dan kita telah sampaikan kepada kontraktornya untuk segera dibenahi,” akunya.

Terkait pembangunan pasar yang telah dihibahkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan kepada Pemda Kolaka, tahun ini juga akan dibenahi karena telah dianggarkan melalui APBD. “Karena sudah dihibahkan maka Pemda akan menginventarisir bangunan tersebut agar segera dibenahi. Dan ditahun ini melalui Dinas Koperindag itu sudah ada dana pemeliharaannya, termaksuk pembuatan WCnya,” jelasnya.

Pihaknya juga, lanjut dia telah melakukan sosialisasi kepada semua pedagang dan semua pedagang merespon baik rencana ini. “Kami sudah disosialisasikan juga kepada pedagang dan mereka siap pindah, karena di tempat yang lama kondisinya sudah tidak layak dan mereka pedagang khususnya penjual sayur tidak akan kontrak-kontrak lagi jadi mereka sangat senang jika dipindahkan. Jadi nantinya satu pedagang hanya bisa mendapatkan satu atau dua lods agar semua pedagang bisa dapat tempat yang telah disiapkan,” tutupnya. (k9)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top