BERITA UTAMA

Polda Sultra Periksa Empat Saksi Dugaan Penyalahgunaan Dana Pengawasan Bawaslu Konsel

KOLAKAPOS, Andoolo — Menindak lanjuti laporan masyarakat, terkait dugaan penyalahgunaan anggaran pengawasan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Tahun 2018 dan pada pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), kini telah melakukan pemeriksaan terhadap empat orang dengan status sebagai saksi, Senin (20/1).

Empat orang saksi yang telah diperiksa tersebut, yakni tiga orang Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan satu orang bendahara Panwas. Hal ini diungkapkan oleh Kanit Tipikor Polda Sultra, Kompol Haerudin.

“Ini kan banyak aduan masuk di kami, namun semua jalan bersamaan, termasuk aduan Bawaslu Konsel terkait dana pengawasan, yang mana saat ini telah diperiksa 3 orang Panwascam dan 1 orang bendahara, juga sudah terjadwal untuk Kepala Sekertariat Bawaslu,” jelasnya.

Lanjutnya, terkait ada tidaknya potensi kerugian negara, pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut. Kemudian ada ahlinya, yang bisa menentukan jumlah kerugian negara, yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Untuk sementara tahapan pemeriksaan dulu, minta keterangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan terkait hal itu. Sementara untuk Komisioner Bawaslu, kita juga akan panggil secepatnya, namun saat ini kita fokus dari bawah dulu mengumpulkan informasi, setelah itu naik keatas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Konsel Hasni, saat dikonfirmasi via Whatsapp terkait hal tersebut, pihaknya mengungkapkan belum mengetahui terlalu jauh adanya permasalahan dimaksud, dan apa yang dipermasalahkan di Polda Sultra.

“Kalau memang Sekertariat Bawaslu diperiksa, coba tanya Sekretariat, karena kami komisioner belum tau tentang apa yang diperiksa di Polda,” tuturnya pada percakapan via WA.

Sementara itu, Komsioner Divisi Hukum dan Pencegahan Bawaslu Konsel, Awaludin AK, menjelaskan tidak ada konfirmasi secara kelembagaan dari Polda Sultra ke Komisioner Bawaslu Konsel sampai hari ini, hanya saja pihaknya dapat laporan dari pihak Sekretariat Bawaslu Konsel, kalau mereka mau koordinasi di Polda dan tidak detail juga apa hal ihwal yang dikoordinasikan.

“Terkait pengawasan Pemilu di Konsel, Alhamdulillah secara normatif, atribut, tugas wewenang dan kewajiban administrasi, maupun etik, kami telah jalankan dengan baik. Serta telah dipertanggungjawabkan secara berjenjang dan terbukti berjalan lancar tertib dan sukses tdk ada masalah,” tukasnya. (K5/c/hen)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top