BERITA UTAMA

Belum Digunakan, RS SMS Berjaya Sudah Retak

Kondisi bangunan baru RS SMS Berjaya yang memprihatinkan karena dibeberapa titik bangunannya sudah mengalami keretakan. Foto : Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Belum juga setahun pembangunan tahap pertama usai, RS SMS Berjaya sudah terlihat retak pada beberapa bagian. Proyek tersebut, pada tahap pertama dikerjakan PT. JO Marlanco Agung.

Saat kerusakan itu akan dikonfirmasi, ternyata kontraktornya sudah meninggalkan bangunan. “Sejak bulan Januari ini, kegiatan sudah tidak ada lagi, dan kontraktornya sudah pulang ke Jawa,” kata salah satu sekuriti di RS SMS Berjaya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RS SMS Berjaya, Madu mengaku beberapa bangunan yang mengalami keretakan sementara dibenahi. Sebab dalam waktu dekat ini, pelayanan khususnya pasien rawat jalan akan dipindahkan ke rumah sakit itu. “Bangunan yang retak telah dibenahi sudah diplaster kembali, dan kami selalu pantau setiap hari terkait pembangunannya. Apalagi mereka (kontraktor) masih tahap pemeliharaan sehingga jika terjadi kerusakan akan segera dibenahi karena masih dalam tahap pemeliharaan,” katanya saat dihubungi media ini melalui saluran teleponnya, Senin (20/1).

Madu mengaku jika, pembangunan rumah sakit SMS Berjaya, akan segera dirampungkan tahun ini, bahkan tambahan anggaran yang akan disipakan mencapai Rp83 miliar yang bersumber dari dua anggaran yakni dari dana APBD Kolaka dan ABPN pusat. “Tower satu dan tower dua akan dirampungkan tahun ini, termasuk liftnya dan kita siapkan anggaran sekitar Rp50 miliar dari APBD Kolaka dan dari dana APBN melalui dana DAK mencapai Rp33 miliar. Jadi total anggaran yang akan kita siapkan untuk merampungkan pembangunan RS SMS Berjaya sekitar Rp83 miliar rupiah,” akunya.

Namun, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kolaka ini mengungkapkan, belum bisa memastikan kapan proyek tersebut akan ditenderkan. “Kalau rencana tendernya kami belum bisa pastikan karena kami sementara susun RABnya, yang pastinya secepatnya akan ditenderkan. Dan dalam waktu dekat ini, saya akan ke Jakarta untuk menemui distributor lift supaya betul-betul efesiensi dan efektif terkait harganya,” jelasnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top