BERITA UTAMA

Dugaan Pungli Dana Desa, Kadis Perindag Muna Ikut Diperiksa

Kadis Perindag Muna, Laode Darmansyah Ikut Diperiksa Polisi Soal Pungli Dana Desa 2019.FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Ternyata bukan hanya dua pejabat Muna yang diperiksa atas dugaan Pungli Dana Desa. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Muna, Laode Darmansyah juga turut diperiksa penyidik Polres Muna. Ia diperiksa karena saat dugaan pungli terjadi, sedang menjabat Kadis DPMD Muna.

Darmansyah diperiksa Senin (20/1), bersamaan dengan pemeriksaan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Muna, Amrin Fiini. “Saya sudah memberikan klarifikasi bersama Kadis Keuangan (BKAD Muna, Amrin Fiini),” ucapnya pada Kolaka Pos saat dijumpai di rumah jabatan Bupati Muna, Rabu (22/1).

Katanya, isu Pungli DD tersebut hanya sebatas dugaan dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh polisi. “Hanya isu saja, kan menduga. Inimi yang diproses, katanya kepala desa diarahkan untuk menganggarkan lampu jalan dari Sekda. Kemudian menyentuh dana operasional pembangunan lampu jalan. Sementara di 2019 itu tidak ada, yang ada hanya satu dua desa. Itupun keinginan masyarakat,” katanya.

Terpisah, Kapolres Muna AKBP Debby Asri Nugroho menegaskan pihaknya serius menangani dugaan Pungli DD 2019 tersebut. Kata perwira menengah Polri berpangkat dua bunga melati dipundak ini, pengusutan perkara dugaan Pungli DD tersebut masih dalam tahap pengumpulan data (Puldata) dan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket). “Ini masih dalam pengumpulan baket, makanya nanti kita panggil berikutnya para kades,” tulisnya via WhatsApp.

Soal jadwal pemeriksaan 124 Kepala Desa, Debby sapaan karib Kapolres Muna itu mengatakan, saat ini penyidik tengah menyusun jadwalnya. “Kita panggil acak saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tahap awal dugaan perkara Pungli DD ini, polisi sudah memeriksa tiga orang kepala OPD, mereka adalah Kadis BKAD, Amrin Fiini, Kepala DPMD, Rustam dan Kepala Disperindag, Laode Darmansyah (mantan Kadis DPMD 2019). Berdasarkan pengakuan Amrin Fiini, anggaran DD 2019 seluruhnya sebesar Rp123 miliar. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top