BERITA UTAMA

Bupati Muna Usul Pengadaan Traffic Light di APBD-P

Bupati Muna, LM Rusman Emba panen Lobster di Penangkaran Jaring Apung desa Lagasa. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Seiring dengan pertambahan penduduk maka saat ini fasilitas transportasi termasuk sarana jalan menjadi sangat penting, untuk mendukung mobilitas orang sehari-hari. Apabila sarana infrastruktur jalan cenderung konstan, tetapi jumlah pengguna semakin bertambah banyak, maka situasi yang terjadi semakin lama adalah arus lalu lintas akan semakin bertambah macet.

Seperti yang terjadi di dalam kota Raha, dimana arus lalulintas sudah mengalami perubahan signifikan. Pasalnya, sejumlah titik perempatan jalan mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk yakni pagi dan sore hari.

Berdasarkan pantauan Satuan Lalulintas Polres Muna, titik kemacetan tersebut kerap terjadi di perempatan jalan Made Sabara-Gatot Subroto, perempatan jalan M Husni Thamrin-Pangeran Diponegoro dan perempatan jalan DR Sutomo-Jenderal Sudirman.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Muna, LM Rusman Emba rupanya sudah mengetahui kondisi kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah titik perempatan jalan dalam kota. Makanya dalam waktu dekat, pasangan Abdul Malik Ditu ini akan mengundang Dinas Perhubungan Muna guna membahas pengadaan traffic light (lampu lalulintas). “Insya Allah, kami akan membahas ini bersama Dinas Perhubungan,” katanya pada Kolaka Pos beberapa hari lalu.

Bupati berencana, pengadaan traffic light dapat dimasukkan untuk dibahas dalam rapat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P 2020). “Karena dananya dari APBD dan pembahasan APBD sudah selesai. Jadi nanti kita anggarkan di APBD Perubahan. Insya Allah,” pungkasnya (m1/c)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top